Peristiwa

Jelang Ganti Tahun, Pedagang Musiman Beraksi

INDONESIAONLINE – INDONESIAONLINE – Menjelang malam pergantian tahun 2019 ke 2020 nanti, banyak orang di penjuru dunia mengadakan pesta perayaan kecil. Tak jarang, mereka rela menyiapkan kebutuhan pesta dengan menyantap makanan yang dimasak secara langsung dengan konsep barbeque sembari menyaksikan dentuman kembang api.

Nah, perayaan tersebut tentu disambut baik oleh masyarakat. Apalagi bagi pedagang musiman ini. Mengapa? Pedagang bisa meraup keuntungan dari apa yang dijualnya pada hari menjelang pergantian tahun.

Di Kota Malang, seperti yang terlihat di pinggir jalan  kawasan Pasar Blimbing, sejak pagi ini sudah banyak pedagang berjejer memamerkan dagangannya. Mulai dari alat pemanggang, arang, jagung. Bahkan ada juga yang menyediakan kopi.

Aksi mereka ini bisa dibilang hanya berlangsung selama satu tahun sekali. Itu lantaran kebutuhan-kebutuhan yang diperdagangkan itu selalu laku pada malam pergantian tahun ini.

Salah satu pedagang, Sri Sugiati, mengaku khusus menjelang tahun baru ia memindahkan lapak dagangannya ke area luar pasar. Padahal sebelumnya, ia menjual sayur-mayur di kawasan dalam Pasar Blimbing.

Aksi berjualan arang, tatakan pembakaran, jagung, dan kopi siap seduh itu selalu rutin dilakukannya selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini. “Biasanya jualan sayur saja di dalam pasar. Tapi ini kan momen tahun baru. Pindah ke depan. Jual jagung, tatakan, arang, dan kopi,” ungkapnya, Selasa (31/12).

Wanita berusia 50 tahun tersebut menjelaskan, khusus menyambut tahun baru, dirinya rela menyiapkan dagangannya lebih awal. Lapak yang dibuka di depan kantor Pegadaian Kota Malang itu telah disiapkan sejak pukul 01.00 dini hari tadi.

Setidaknya, setiap tahunnya Sri selalu menyiapkan jagung sebanyak 5 kuintal. Sedangkan arang 2,5 kuintal. Jumlah tersebut selalu habis dijual pada malam tahun baru. “Ya Alhamdulillah, 2,5 kuintal arang selalu habis. Kalau misalnya pas ggak habis! kan teman-teman ada yang jualan juga. Kami bagi untuk saling dijualkan,” imbuhnya.

Penjual-penjual kebutuhan perayaan tahun baru ini juga bakal standby hingga pergantian tahun malam nanti. Jadi, jika  ingin membeli kebutuhan tersebut, Anda  masih bisa datang sampai pukul 01.00 dini hari. Harga yang ditawarkan untuk jagung Rp 7 ribu per kilogram. Sedangkan arang satu kreseknya hanya Rp 6 ribu.

Sedangkan alat pemanggang mulai harga Rp 10 ribu. “Kami buka terus sampai selesai tahun baru, sampai jam 01.00 dini hari nanti,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close