Hiburan, Budaya dan Seni

Terlibat di Festival Jatim, Disbudpar Kota Malang Ingin Kesenian Dikenal Dunia

INDONESIAONLINE – Gelaran Festival Budaya Jawa Timur, turut diikuti oleh Kota Malang. Beragam kesenian tradisional mulai seni tari, dalang, musik, reog, jaranan dan masih banyak yang lainnya turut serta ambil bagian dalam gelaran tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyatakan dengan keiutsertaan beragam kesenian yang dimiliki Kota Malang harapannya mampu menggaet pasar lokal, regional, hingga internasional. “Banyak seni tradisi di Kota Malang yang dihadirkan tak kalah keren dengan lainnya. Kita berharap apa yang sudah dihadirkan mampu menjadi konsumsi lokal, regional, nasional maupun internasional,” ujarnya.

Apalagi, Kota Malang telah didedikasikan untuk menjadi tuan rumah bagi Festival Panji internasional. Nantinya, dari festival kebudayaan itu akan diikuti oleh berbagai negara. Di mana pangsa pasar yang melihat juga akan lebih banyak dan mampu memikat wisatawan luar daerah dan dunia.

“Sehingga banyak wisatawan Kota Malang yang bisa menyaksikan event tersebut. Apalagi dari luar negeri juga akan hadir tampil di sini nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Kesenian Tradisional Disparbud Kota Malang Enny Soesilowati mengungkapkan hadirnya kesenian di Kota Malang dalam kegiatan Festival Provinsi mampu memotivasi bidang kesenian lain untuk semakin menghasilkan karya. 

“Seperti Festival Karya Tari, itu ada sanggar yang layak untuk ditampilkan di sana. Sehingga mereka bisa menunjukkan potensi terbaiknya mewakili Kota Malang. Ke depan, kita berharap akan semakin banyak kreativitas dari kesenian Kota Malang yang menghadirlan kreasi baru dan bisa tampil di ajang luar daerah,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close