Peristiwa

Dampak Banjir Jakarta, 2 Kereta Api Jakarta-Malang Terlambat Datang

INDONESIAONLINE – Banjir yang merendam Jakarta sejak kemarin (Rabu, 1/12) berimbas pada jadwal perjalanan Kereta Api (KA). Salah satunya, keterlambatan kedatangan kereta api di stasiun yang berada di wilayah Daop 8 Surabaya.

Ya, setidaknya akibat banjir itu perjalanan KA dari wilayah Jakarta menuju wilayah Kota Malang mengalami keterlambatan lebih dari 30 menit. 

Kepala Stasiun Malang, Iful Siswanto mengatakan ada dua kereta yang mengalami keterlambatan kedatangan akibat banjir Jakarta. Yakni, kereta api Matarmaja Reguler dan Matarmaja Nataru (angkutan Natal dan Tahun Baru).

“Untuk kedatangan, kita ada keterlambatan dua KA di atas 30 menit pemberangkatan dari Pasar Senen Jakarta-Malang, imbas dari banjir Jakarta kemarin. Tertinggi itu KA Matarmaja Nataru mencapai 156 menit, kalau Matarmaja reguler 54 menit keterlambatan,” ujarnya saat ditemui awak media, Kamis (2/1).

Padahal, kedatangan dari KA Matarmaja Nataru sampai ke stasiun Malang pukul 01.57 dini hari tetapi menjadi pukul 04.33. Sedangkan KA Matarmaja reguler seharusnya datang pukul 03.09 menjadi pukul 04.03. Sementara, untuk KA lainnya dengan keberangkatan jurusan perjalanan yang sama tidak ada keterlambatan.

Iful menjelaskan, keterlambatan kedatangan dua KA tersebut tidak begitu berdampak bagi pengguna kereta api maupun keberangkatan dari stasiun Malang. Penumpukan penumpang juga tidak terjadi, lantaran proses keberangkatan dari Malang menuju Jakarta tetap sesuai dengan jadwal.

“Jadi keterlambatan itu kan yang berangkat kemarin dari Jakarta sampai Malang. Tapi, untuk hari ini alhamdulillah tidak ada dampak lain. Pelayanan penumpang aman, dan KA yang berangkat dari Malang bisa tepat sesuai jadwalnya,” imbuhnya.

Dari kejadian tersebut, PT KAI menfasilitasi dengan memberikan layanan servis recovery. Di mana penumpang bisa membatalkan tiketnya dengan pengembalian bea 100 persen. Kemudian, kompensasi lainnya juga berupa recovery di sepanjang perjalanan menuju stasiun tujuan.

“Kalau kompensasi lain ada recovery waktu di perjalanan, biasanya seperti makanan, dan lainnya,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close