Peristiwa

Jumlah Korban Keracunan Terus Bertambah, Bupati Jember Tetapkan Status KLB

INDONESIAONLINE – JEMBERTIMES – Korban keracunan ikan tongkol di  malam pergantian tahun baru yang dialami oleh ratusan warga di Jember terus bertambah. Jika sebelumnya 119 orang yang menjadi korban, sorenya menjadi 199 orang.

Data terbaru pada Kamis (2/1/2020) yang diterima media ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, jumlah korban keracunan ikan tongkol mencapai 250 orang tersebar di berbagai kecamatan di Jember.

“Ini sudah KLB (Kejadian Luar Biasa,red), karena jumlah korbannya mbludak, kemarin sore bertambah 80 orang dan sampai tadi malam jumlahnya terus bertambah, dan total sampai pagi ini jumlahnya mencapai 250 orang, dimana 9 orang harus mendapatkan perawatan lanjutan,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR.

Jumlah data tambahan yang terbaru, di antaranya di Gladak Pakem 5 kasus, Karangduren 3 kasus, Curahnongko 1 kasus, Sabrang 2 kasus, Ledokombo 4 kasus, Cakru  13 kasus, Kemuningsari kidul 3 kasus, Mayang 20 kasus dan beberapa kecamatan lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan warga Jember keracunan ikan tongkol yang dibakar saat merayakan pergantian tahun baru. Beberapa warga mengalami, pusing, gatal-gatal, mual, nyeri di perut dan mual.

“Saya sudah memerintahkan kepala Dinkes untuk memantau perkembangan warga yang menjadi korban keracunan dan memberikan pengobatan sampai sembuh dan melakukan penyelidikan untuk mencari dugaan penyebab keracunan,” pungkas Faida.

Sampai saat ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Jember masih belum menyampaikan hasil sampel makanan yang berhasil diamankan dan diperiksa, tentang penyebab racun yang ada di ikan tongkol dan menyebabkan ratusan orang keracunan. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close