Pendidikan

Absen Satu Semester, Pihak Sekolah Beri Kesempatan Ini Pada Jasmine Timnas Putri U-16

INDONESIAONLINE – Terkait tidak diberinya nilai dan rapot pemain Timnas Putri U-16 Jasmine Sefia Waynie Cahyono, ternyata pihak sekolah SMPN 2 Kota Batu telah memberikan beberapa kesempatan sebelumnya. Jasmine juga sudah tidak menempuh pendidikan kurang lebih selama satu semester.

Bermula pada catatan 18 hingga 21 Juli 2019 lalu Jasmine tidak masuk sekolah. Saat itu ia tidak masuk sekolah lantaran izin mengikuti pemusatan latihan. Kemudian pada 12 hingga 21 Agustus dengan izin sakit.

Ternyata pelajar kelas VIII itu juga diketahui membela Tim Putri U-17 Bangka Belitung pada 25 Juli sampai 11 Agustus 2019. Lalu pada 2 hingga 11 September 2019, Jasmine kembali izin karena mengikuti seleksi di Persija. Pada 23 hingga 27 September 2019, Jasmine izin ikut seleksi PS Tira Bogor.

Namun pada tanggal tersebut Jasmine juga terbang ke Kirgistan membela Timnas Putri U-16 mengikuti babak pertama Kualifikasi AFC Womens U-16 Championship 2019 yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 23 September 2019 di Kirgistan.

Setelah itu pada 30 September hingga 15 Desember, Jasmine izin karena mengikuti latihan rutin di Arema FC. Kepala Sekolah SMP N 2 Kota Batu Sudiyono mengatakan jika Jasmine juga mendapatkan pembinaan dari Bimbingan Konseling sekolah pada 5 September 2019 dan 2 Januari 2020.

“Komunikasi dengan wali murid pun juga sudah kami lakukan, dan menyarankan agar Jasmine menerima pendidikan lewat home schooling. Melihat banyak tertinggalnya pelajaran jika harus menempuh sekolah umum,” ujar Sudiyono, Jumat (3/1/2020).

Sudiyono telah menegaskan jika pihaknya telah memberikan keringanan dalam bentuk toleransi ketidakhadiran ke sekolah. Namun ia menyayangkan karena Jasmine sering izin setelah ia berada di tempat kegiatan. “Jasmine tidak izin ketika sebelum kegiatan berlangsung,” imbuhnya.

Bahkan dispensasi yang diberikan kepada Jasmine hanya berupa izin ketidak hadiran. Sedangkan penugasan kelas serta ujian, tetap berlaku. Namun Jasmine diberi keleluasaan untuk mengerjakan tugas baik di sekolah maupun di rumah.

Untuk saat ini pun pihak sekolah masih menunggu agar Jasmine bisa mendapatkan nilai. Jika teman-teman sekelas Jasmine sudah mendapatkan raport dan nilai.

Sayangnya rapot Jasmine tertunda di sekolah. “Sekolah akan memberikan raport ke Jasmine ketika nilainya sudah masuk dan berada dalam penilaian baik,” ucap Sudiyono.

Sedang gadis 14 tahun itu lanjut Sudiyono, merupakan warga Sumber Pucung, Kabupaten Malang. Lalu Jasmine masuk di SMPN 2 Kota Batu melalui jalur prestasi. Dan Jasmine kost di daerah Temas, Kecamatan Batu.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close