Lingkungan

Bangun Embung Ngesong di Lahan 1 Hektar, Perumdam Among Tirto Butuh Anggaran Rp 8 Miliar

INDONESIAONLINE – Pembangunan embung atau cekungan penampung ditargetkan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu bakal dilangsungkan tahun ini. Rencananya, Embung Ngesong itu bakal dibangun di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. 

Pembuatan embung itu sudah disiapkan dengan lahan seluas 1 hektar di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Pembuatan embung membutuhkan anggaran sekitar Rp 8 miliar.

Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu Sunaedi mengatakan, embung ini nantinya akan mengeluarkan 110 liter perdetik. Tidak hanya itu saja, tetapi juga memenuhi kebutuhan air 10 ribu kartu keluarga.

Embung ini digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air serta meningkatkan kualitas air. “Di sana itu adalah lahan dari Perumdam Among Tirto seluas 800 meter. Karena memang di sana terdapat banyak sumber,” ungkap Sunaedi.

Embung itu disiapkan, lanjut pria yang akrab disapa Sokek, agar 30-40 tahun mendatang tidak ada keluhan air. “Supaya nanti 30-40 datang kita tidak bingung kualitas air di Kota Batu,” imbuhnya.

Menurutnya program ini merupakan rencana bisnis (renbis) dalam tahun 2019. Harapannya program ini bisa diwujudkan oleh Pemkot Batu.

“Sudah selesai semua perencanaannya ini. Tinggal tunggu nantinya dari Pemkot Batu,” harap warga Kelurahan Temas, Kecamatan Batu ini.

Sedang pada tahun ini Perumdam Among Tirto ini juga fokus pada pengembangan jaringan juga dilakukan di area Jalur Lintas Barat (Jalibar) di Kecamatan Batu.

Lalu di kawasan Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu. “Lalu juga melakukan pengkajian untuk museum Air yang sudah kita programkan juga dan membuat air kemasan,” tutupnya. 

 

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close