Pemerintahan

Eks Ramayana Jadi Mal Layanan Publik, Parkir Pinggir Jalan Bakal Ditata Ulang

INDONESIAONLINE – Area parkir disepanjang jalan depan kawasan Alun-Alun Mal atau Ramayana akan kembali ditertibkan. Hal itu menyusul adanya rencana pemanfaatan Alun-Alun Mal sebagai Mal Layanan Publik pada 2020 ini. Selain itu, penataan parkir di area dalam mal juga akan dilakukan penataan ulang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, area parkir di pinggir jalan yang berada tepat di depan mal selama ini sudah sering ditertibkan. Karena memang menjadi salah satu faktor penyumbang kemacetan yang sering terjadi di kawasan Alun-Alun Kota Malang dan sekitarnya.

“Termasuk parkir ini akan ditata, kalau bisa digeser masuk ke dalam saja, biar tidak di luar,” kata Sutiaji.

Pria berkacamata itu menyampaikan, Pemerintah Kota Malang akan kembali menyusun skema yang tepat dengan pengelola mal. Sehingga, saat layanan publik resmi diboyong ke mal, maka setiap fasilitas tetap terpenuhi. Tanpa kecuali dengan layanan parkir.

Lebih jauh dia menerangkan, pada 2020 ini Alun-Alun Mal akan dijadikan layanan publik. Layanan yang mengurus lebih dari 400 jenis izin dan non perizinan itu akan diletakkan di lantai empat atau lantai paling atas. Sehingga, pengelola mal diminta untuk mengosongkan area paling atas dan menyusun skema baru. Sehingga tenant tetap bisa berjualan.

“Tahun ini kami pastikan Mal Layanan Publik sudah dibuka,” terangnya.

Melalui Mal Layanan Publik itu, dia berharap masyarakat dapat mengurus surat perizinan dan surat kependudukan lebih nyaman. Karena jaraknya yang lebih dekat ketimbang harus mengurus ke kantor terpadu. Selain itu, dengan adanya banyak jenis perizinan yang dilayani, maka masyarakat dapat merasakan layanan di satu lokasi saja.

“Memang ada beberapa fasilitas yang akan dibenahi,” jelas Sutiaji.

Sementara itu, beberapa layanan publik yang bisa diurus di Mal Layanan Publik itu nantinya seperti mengurus sederet izin yang melekat pada Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kemudian mengurus surat kependudukan seperti e-KTP, KIA, hingga akta kelahiran anak. Selanjutnya juga akan ada kepengurusan izin menikah dan migrasi.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close