Serba-Serbi

Tren Terbaru: Poetweet, Website yang Menyihir Tweetmu Menjadi Puisi

INDONESIAONLINE – Bagaimana jika algoritma menentukan sastra? Barangkali beginilah jadinya.

Baru-baru ini, di media sosial Twitter, orang-orang ramai mengunggah puisinya. Namun, kata-kata dalam puisi mereka berasal dari celoteh tweet mereka sendiri.

Puisi yang terbentuk dari berbagai tweet itu dibuat melalui situs Poetweet, sebuah situs untuk menciptakan puisi dari cuitan-cuitanmu.

Dikutip dari laman Business Insider, situs ini dibuat oleh lembaga seni Brazil Contemporary Art di Sao Paolo, Brasil. Poetweet terdiri dari bahasa Inggris dan Portugis.

Untuk membuat puisi dari situs ini, yang perlu dilakukan sangat simple. Cukup buka poetweet.com.br kemudian masukkan nama akun Twittermu. Hal itu dilakukan tanpa susah payah mendaftar dulu.

Setelah mengisi nama akun Twitter, kamu bisa memilih jenis puisi yang diinginkan. Terdapat 3 pilihan puisi yang disajikan, yaitu sonnet, rondel, dan indriso.

Sonnet adalah puisi yang dipopulerkan oleh Shakespeare dan berisi 14 baris. Rondel yakni puisi asal Prancis dan terdiri dari empat sama lima baris sajak. 

Sementara indriso merupakan model puisi ala Spanyol yang terdiri atas delapan baris sejak.

Cukup klik salah satu dari ketiga jenis puisi tersebut, lalu Poetweet akan melakukan proses pembuatan puisimu. Puisi dibuat dengan cara mengombinasikan semua cuitan dan mencari rimanya.

Untuk diketahui, dibutuhkan waktu sesaat agar puisimu jadi. Poetweet membutuhkan waktu untuk mendapatkan data dari tweet-tweetmu. Hasil puisi biasanya akan muncul sekitar 1 menit.

Para pengguna Twitter pun ramai-ramai memamerkan puisi Poetweet versi mereka. Berikut beberapa contoh yang diunggah.

 

 

Puisi-puisi tersebut memang janggal dan menggelitik ketika dibaca. Namun, di situlah letak keseruannya. Menghibur sekali membaca puisi-puisi yang dibuat dari kicauan-kicauan orang-orang di Twitter. Apalagi di tengah perdebatan soal puisi Putri Marino. Tertarik mencoba?

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close