Peristiwa

BMKG Kembali Update Potensi Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

INDONESIAONLINE – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengupdate potensi cuaca ekstrem. Masyarakat pun kembali diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana hingga Selasa (7/1/2020) mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono R Prabowo menyampaikan, pihaknya memantau masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ektrem di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal.

Fenomena tersebut seperti aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah.

Selain itu, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan. “Serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia,” katanya melalui keterangan tertulis.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan akan terjadi potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Kondisi itu diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah, termasuk Jawa Timur.

Masyarakat juga kembali diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang dapat ditimbulkan saat cuaca ekstrem melanda. Misalnya bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“Masyarakat terus kami imbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya dan menghubungi BMKG ketika hendak mengetahui lebih jauh informasi terkini,” pungkasnya.

Sebelumnya dijelaskan, berdasarkan pantauan BMKG, hingga periode Dasarian II Desember 2019, berdasarkan jumlah ZOM, 74% wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan. Sehingga, masyarakat terus diimbau selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan cuaca yang ekstrem.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close