Hukum dan Kriminalitas

Sikat Burung Milik PNS, Warga Mojolangu Akhirnya Populer di Medsos

INDONESIAONLINE – Miko Hariyanto (34) warga Jalan Candi Telaga Wangi, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, harus menerima sanksi sosial karena aksinya yang ketahuan saat mencuri burung milik seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebab saat aksinya ketahuan warga dan ia berhasil ditangkap, wajah Miko langsung diabadikan dengan kamera warga dan fotonya langsung disebarkan ke grup media sosial Facebook.

Selain harus malu fotonya dilihat banyak netizen karena katahuan maling burung, Miko juga harus berurusan hukum dan dilaporakan ke pihak kepolisian Polsek Blimbing.

Kejadian pencurian yang dilakukan Miko, terjadi pada 5 Januari 2020, pukul 16.15 WIB. 

Saat itu, pria yang pekerjaaanya serabutan tersebut mencuri burung jenis milik Ayom Aji Saputra, ASN Pemkab Malang yang tinggal di Jalan A Yani, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kabupaten Malang.

Miko sebelumnya sudah dicurigai Ayom karena terlihat mondar-mandir di depan rumahnya, sembari melirik burung kenari yang berada di dalam sangkar dan dalam kondisi digantung didepan rumahnya.

Miko yang mengira sistuasi aman, karena tak ada tanda-tanda pemilik rumah beraktivitas, akhirnya tergoda untuk mengambil burung tersebut.

Begitu Miko masuk ke teras dan mengambil burung kenari, korban yang sebelumnya telah mengawasi dari dalam langsung meneriaki Miko maling.

Tak pelak, diteriaki maling, Miko selanjutnya langsung mengambil langkah seribu dan membuang burung curian yang sebelumnya telah ia kuasai. 

Namun aksi percobaannya kabur, gagal setelah warga yang mendengar teriakan maling langsung menangkapnya.

Beruntung korban dan warga sekitar masih bisa menahan amarah, sehingga Miko masih bisa lolos dari maut dan bogem mentah warga. 

Dari situ, korban selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Blimbing.

Kapolsek Blimbing, Kompol Hery Widodo membenarkan adanya kejadian tersebut. 

Namun pihaknya menjelaskan karena kerugian hanya berkisar Rp 350 ribu terhadap pelaku diterkam pasal pencurian ringan.

“Kerugiannya hanya Rp 350 ribu sehingga kami terapkan pasal 364 pencurian ringan,” jelas Hery (6/1/2020).

Sementara itu, dengan dikenakannya pasal 364, Miko terancam kurungan penjara tiga bulan atau denda sebesar Rp 250 ribu.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close