Pemerintahan

Wali Kota Batu Ingin Museum Air Segera Dihadirkan Tahun 2021

Program pembangunan Museum Air oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu sangat dinanti oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Museum ini sudah dipastikan akan dibangun di lahan di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. 

Perencanaan itu sudah dimulai tahun 2018 silam itu, kini prosesnya hingga di awal tahun 2020 masih dalam tahapan kajian studi tentang sarana investasi atau visibility study.

“Museum Air ini ke depan akan mewarnai dunia pariwisata di Kota Batu. Akan semakin lengkap tentunya,” ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. 

Karena itu Dewanti menginginkan pada tahun 2021 pembangunan fisik bisa disegerakan. Sehingga ditahun tersebut bisa merasakan wisata baru.

“Di Batu sudah ada beragam wisata edukasi, akan hadir Museum Hak Asasi Manusia (HAM) lalu ini Museum Air, tentunya wisatawan nanti akan dimanjakan sekali,” imbuhnya. 

Sementara itu Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu Edy Sunaedy menambahkan Museum Air itu masuk dalam programnya Tirta Bakti Edukasi. Sebuah pendidikan kepada publik tentang air yang akan dikembangkan dalam bentuk Museum Air. 

“Konsepnya agar masyarakat tahu dan memahami kebutuhan air per hari di Kota Batu. Kemudian menggunakan air yang bijak dan proporsional perharinya,” ungkap pria yang akrab disapa Sokeh ini.

Di dalam Museum Air itu nanti ada Laboraturium kesadaran, ada pipa ukuran meter induk. Lalu akan tergambar sumber-sumber yang ada di Kota Batu.

Ada edukasi tentang asal air hujan, mulai proses penguapan dari laut menjadi awan hingga hujan yang dikemas tentunya secara menarik.

“Kita buat museum ini yang menarik dan mudah dimengerti karena sasaran kami mulai usia dini hinga dewasa,” jelasnya. Menurutnya, Museum Air ini bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya air.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close