Transportasi

Jalan Berlubang Kembali Dikeluhkan, Warga Menanti Segera Ada Perbaikan

INDONESIAONLINE – Jalan berlubang di Kota Malang kembali dikeluhkan. Warga pun menanti agar segera dilakukan perbaikan. Karena beberapa jalan dilaporkan mulai mengalami kerusakan, terutama saat musim hujan datang seperti sekarang.

Beberapa kawasan yang dikeluhkan seperti Jalan Raya Madyopuro, Jalan Bandung, Jalan Candi Panggung hingga Jalan Sarangan. Sebagian besar mengalami kerusakan dan berlubang. Aspal pun mulai banyak mengikis dan saat hujan air akan menggenang pada setiap jalan yang berlubang. Kondisi itu sangat dikeluhkan lantaran berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Kalau kena genangan air gitu kan bahaya mbak, nggak keliatan itu kedalamannya. Orang yang nggak setiap hari lewat sini bisa jatuh kecelakaan,” kata Irwan, salah satu pengendara yang melintasi Jl. Raya Madyopuro.

Dia pun berharap agar Pemerintah Kota Malamg segera melakukan pembenahan pada area jalan yang rusak tersebut. Dia juga menyampaikan jika jalan rusak di kawasan Jl. Raya Madyopuro itu hampir selalu terjadi setiap tahunnya. Terutama saat musim hujan seperti saat ini. Di mana kerusakan bermula saat aspal mulai mengikis dan mengelupas.

“Di sini (Jl. Raya Madyopuro; red) memang sering rusak, sepertinya hampir setiap tahun saat musim hujan itu seperti ini,” beber dia.

Hal senada juga disampaikan salah satu pengendara jalan yang tengah melintas di kawasan Jl. Candi Panggung, Yosi. Dia menyampaikan, kawasan tersebut sering mengalami kerusakan saat musim hujan seperti sekarang.

Kondisi itu ia nilai sangat menganggu proses lalu lintas di jalur yang lumayan padat itu. Terlebih, kerusakan merata di sepanjang Jalan Pisang Candi. Sehingga dia herharap agar Pemkot Malang melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan secepatnya.

“Di sini kan jalur padat. Kerusakan nggak hanya di bagian tengah, tapi pinggir jalan juga, sampai Proliman sana. Itu sangat mengganggu. Harusnya segera dibenahi dengan kualitas aspal yang bagus. Tadi memang diperbaiki, tapi sebagian dan belum semua,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan MalangTIMES, kerusakan di kawasan Jl. Raya Madyopuro itu memang terbilang sangat parah. Hampir sepanjang jalan terdapat lubang kecil hingga ukuran besar dan cukup dalam. Kerusakan parah terlihat di perbatasan Kota dan Kabupaten Malang, atau tepatnya berada di kawasan SMK 9 Kota Malang. Lubang berukuran besar dan dalam hampir merata di sepanjang jalan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penaataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso menyampaikan, perbaikan jalan menjadi salah satu prioritas yang akan digarap pada awal 2020 ini. Pihaknya pun sudah melakukan pemantauan di berbagai kawasan untuk segera melakukan perbaikan.

“Akan segera diperbaiki dan juga dilakukan peningkatan kualitas penataan ruang seperti peningkatan kualitas infrastruktur. Meliputi drainase atau saluran air, termasuk gorong-gorong, jalan rusak dan jembatan,” kata pria yang akrab disapa Sony itu.

Rencana pembenahan pun dipastikan segera dilaksanakan pada Januari ini. Sehingga pembenahan infrastruktur dapat dikerjakan lebih cepat dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Sementara untuk pembenahan infrastruktur yang tanpa harus melalui tahapan lelang dan anggaran di bawah Rp 200 juta kemungkinan akan mulai dikerjakan pada Februari mendatang.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close