Lingkungan

684 Pohon Ditanam di TPU Nasrani Sukun, Program Sedekah Oksigen dan Pohon Kenangan Tuai Apresiasi Pemkot

INDONESIAONLINE – Program Pohon Kenangan yang diinisiasi Unit Pelaksana Teknis Teknis Pengelolaan Pemakaman Umum (UPT PPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, diapresiasi Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko.

Khususnya kala melakukan penanaman pohon dalam giat Gerakan Sedekah Oksigen di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nasrani Sukun (10/1/2020).

“Ini tentunya sangat bagus sekali. Masyarakat bisa dilibatkan dalam hal kegiatan penghijauan ini. Masyarakat bisa berkontribusi membangun peradaban yang lebih baik dengan niatan ibadah,” jelasnya.

Kegiatan tersebut, diharapkan lebih berkembang dan bisa diterapkan pada instansi lainnya. 

Ia memberi contoh, misalkan dalam kepengurusan administrasi kependudukan, entah itu tingkat RT ataupun RW, bisa saja mereka yang mengurus memberikan sumbangsih satu buah bibit pohon.

“Hal itu kan akan lebih memberi manfaat lagi. Kemudian misalnya ada yang akan menikah, calon pengantin bisa diwajibkan untuk menyumbang satu bibit pohon. Termasuk juga misalnya mahasiswa baru atau yang akan lulus, bisa memberikan sumbangsih satu bibit pohon. Nah ini saat ini yang kami sedang giatkan,” bebernya.

Kepala UPT PPU DLH Kota Malang, Takroni Akbar menjelaskan, jika dalam kegiatan sedekah pohon oksigen ini TPU Nasrani Sukun ditanami sekitar 684 pohon dari berbagai jenis.

Terdiri dari Pohon Mahoni 400 Pohon, Pohon Sukun 100 pohon, Pohon Kopi 59 pohon, Pohon Kelor 100 pohon, Pohon Nangka 5 pohon, Pohon Durian 5 pohon, Pohon Alpukat 5 pohon, Pohon Matoa 5 pohon, Pohon Mangga 5 pohon.

“Ini untuk pohon yang ditanam hari ini saja. Bibit-bibit pohon ini juga merupakan hasil dari program Pohon Kenangan, sumbangan dari ahli waris mereka yang meninggal. Selain pohon yang ditanam memberikan kebermanfaatan untuk orang banyak, mereka yang meninggal juga akan dapat pahala yang mengalir karena pohon yang ditanam diniatkan untuk mereka yang meninggal,” bebernya.

“TPU akan kami buat tematik, seperti TPU Nasrani Sukun dengan tanaman kopi atau sukun. Kemudian TPU Kasin dengan tanaman coklat. Kemudian TPU Samaan kan luas, nah itu akan kami buat perblok. Mislanya satu blok buah durian, satu blok buah mangga, sehingga akan lebih bermanfaat,”pungkasnya.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close