Hukum dan Kriminalitas

Niat Sedekah, Puluhan Juta Malah Disikat Teman

INDONESIAONLINE – Kasus ini tampaknya bisa menjadi pelajaran bagi orang-orang yang ingin bersedekah agar terhindar dari kasus penggelapan. Sehingga, niat bersedekah bisa tersampaikan kepada orang yang tepat.

Terlebih lagi jika berhubungan dengan jumlah nominal uang yang besar. Diharapkan masyarakat bisa menyerahkannya langsung tanpa diwakilkan. Jika tidak, bisa saja nasibnya berakhir seperti warga Jalan Embong Brantas, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ABSR (63). 

Niatnya bersedekah harus gagal dan berujung laporan kepada pihak kepolisian. Pasalnya, uang senilai Rp 69 juta miliknya yang akan disedekahkan malah amblas dipakai oleh temannya sendiri.

Asal mula kejadian tersebut pada 14 April 2018 lalu. Saat itu, korban yang memang berniat untuk bersedekah terhubung dengan terlapor, yakni UMM alias Thalib, warga Kelurahan Kebonjati, Cikole, Sukabumi.

Karena sebelumnya telah kenal cukup lama dengan pelaku, korban percaya dan menitipkan uang untuk disedekahkan kepada beberapa orang. Kemudian ABSR memberikan uang sebesar Rp 69 juta.

Namun setelah beberapa waktu, ABSR justru mendapatkan informasi bahwa uang yang ia berikan untuk disedekahkan tak kunjung disampaikan hinggga berganti tahun.

Korban, yang mencoba mengonfirmasi hal tersebut, justru tak segera mendapatkan kepastian perihal nasib uang yang dipegang Thalib. Korban hanya mendapatkan janji terus-menerus. Hingga akhirnya kesabaran korban pun habis dan kemudian melaporkan kasus tersebut ke Polresta Malang Kota.

Sementara, salah satu petugas membenarkan adanya kejadian tersebut. Laporan korban telah diterima pada 6 Januari 2020. “Kasusnya masih dalam penyelidikan. Kerugian tercatat Rp 69 juta,” ucap dia.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Yunar Hotma, ketika dikonfirmasi (12/1/2020) mengenai perkembangan kasus penggelapan tersebut, masih akan melakukan pengecekan kembali. “Saya cek dulu (mengenai perkembangan kasusnya) ya Mas,” katanya

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close