Ekonomi

Pariwisata di Malang Diprediksi Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di 2020

INDONESIAONLINE – Perkembangan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang tahun 2019 dinilai cenderung landai. Namun, Bank Indonesia (BI) cabang Malang menargetkan jika di tahun 2020 ini sektor tersebut akan meningkat.

Salah satu yang menjadi alasan terkuat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu, yakni melalui sektor pariwisata di wilayah Malang Raya. Baik itu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

“2020 saya melihat di Malang Raya itu ada optimisme. Tahun lalu sebenarnya boleh dikatakan stabil (pertumbuhan ekonomi di Malang), kita lebih tinggi dibandingkan nasional. Kita prediksi naik, salah satunya dipicu oleh kondisi pariwisata,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Azka Subkhan Aminurridho.

Azka menyebut potensi-potensi pariwisata di Malanh Raya masih dapat dikembangkan. Seperti di Kabipaten Malang dengan wisata pantainya yang semakin mudah dijangkau wisatawan karena sudah banyak perbaikan infrastruktur.

“Kemudian komoditas pertanian masih menjadi andalan Kota Batu dan Kabupaten Malang juga. Sedangkan di Kota Malang perdagangan dan sektor ekonomi kreatif (ekraf) juga turut menjadi kontribusi dalam peningkatan pertumbuhan ekonimi,” imbuhnya.

Selain itu, peluang investasi di tahun 2020 juga diprediksi meningkat. Terlebih, keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari dinilai bakal menembus perekonomian yang signifikan. “Meski KEK Singosari itu di wilayah Kabupaten Malang, tapi jangan salah untuk ekrafnya itu pelaku-pelakunya justru dari Kota Malang. Jadi saling menarik untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi Malang Raya,” tandasnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close