Politik

Kantongi Rekom Tiga Partai, Machfud Arifin: Bukan Ngeroyok PDIP

Bacawali Machfud Arifin melakukan pertemuan dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). Namun dia mengaku hanya bersilaturrahmi saja dengan bukan deklarasi.

“Cuma silaturahmi saja, pengenalan saja. Intinya memperkenalkan diri lah kepada Pengurus DPC PAN Surabaya dan DPD PAN Jatim,” kata Machfud di Restoran, Jalan Mayjend Sungkono.

Machfud mengatakan bahwa pertemuan ini selain memperkenalkan diri juga untuk membangun komunikasi politik guna mendapat rekomendasi sebagai Cawali Surabaya dalam Pilkada Serentak 2020.

“Ya pasti ada arah ke sana ya untuk Pilwali Surabaya 2020,” katanya.

Machfud sendiri memiliki keinginan agar seluruh partai mengusungnya dalam Pilwali Surabaya September mendatang. Namun dirinya menampik bila ingin membentuk koalisi melawan PDI Perjuangan.

“Saya berharap semuanya bergabung jadi satu ya. Tapi ini bukan ngeroyok PDI Perjuangan, gak ada kayak begituan,” ucapnya.

Mantan Kapolda Jatim ini, tidak menyangka kabar dirinya maju Pilwali Surabaya semakin besar. Padahal ia tidak memiliki niatan untuk maju awalnya.

“Sebenarnya tidak ada niatan maju dalam Pilwali Kota Surabaya. Hanya saja, saya ditunjuk oleh beberapa partai, untuk maju Pilwali, sama halnya saat saya ditunjuk sebagai Ketua TKD Jatim, Pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres tahun 2019 kemarin. Bukan keinginan saya tapi keinginan bersama,” kilahnya.

“Saya tidak pernah punya pemikiran jadi Wali Kota, enggak. Ini bener-bener enggak ada. Setelah saya jadi Kapolda, saya maunya selesai. Eh enggak tahunya diperintah jadi ketua TKD Jatim. Oke lah ini sebagai kesimpulan pengabdian saja, apalagi saya selama dinas itu ada penilaian positif dari banyak pihak. Termasuk pemilihan partai-partai ini kan enggak gampang untuk jadi TKD,” imbuhnya.

Selain itu, Mahfud menjelaskan, PAN tidak bisa mengusung Bacawali sendiri di Kota Surabaya, karena hanya punya 3 kursi saja. 

“Bukan sekedar PAN. PAN juga termasuk punya suara 3 kursi. Kalau hanya 3 kan gak bisa mengantar. Makanya berkoalisi beberapa, kemarin lalu sudah silaturrahmi dengan PKB dan Gerindra,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kota Surabaya, Hafid Suaidi menjelaskan, partai berlambang matahari bersinar terang ini, mendukung penuh Mahfud Arifin di Pilwali.

“Insyaallah PAN Surabaya mendukung Machfud Arifin. Pada intinya kami menunggu penunjukkan dari pusat, DPP. Yang jelas, 2 orang yang mengajukan diri mendaftar ke PAN, Pak Hariyanto dan Pak Machfud Arifin,” pungkasnya.

Sebelum PAN, Machfud juga mendapat dukungan dari PKB serta Gerindra Surabaya. Dengan gabungan tiga partai yang memiliki 13 kursi di dewan, maka Machfud sudah bisa melenggang sebagai calon wali kota.(mbm/lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close