Pemerintahan

Kapolres Tulungagung Beri Apresiasi kepada Bhabinkamtimbas yang Rajin Sambang Warga

Puluhan anggota Bhabinkamtibmas (babin) di Polres Tulungagung dihukum push up oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia, Selasa (14/1/20). 

Mereka dihukum push up lantaran saat pemeriksan kelengkapan Babin, alat yang mereka bawa tidak lengkap seperti helm yang tidak standar maupun tidak mebawa rompi Babin.

“Karena mereka tidak bawa helm Babinsa dan peralatanya tidak lengkap,” ujar Kapolres.

Peralatan Babin yang harus dipunyai dan dibawa anggota Babin di antaranya adalah helm standar, rompi Babin, jas hujan, senter dan pengeras suara.

Paling banyak anggota Babin dihukum push up lantaran helmnya yang tidak standar.

Pemeriksaan yang dilakukan di GOR Lembu peteng itu merupakan bagian dari Apel Pemberian Reward dan Punishment (hukuman) bagi anggota Babin. 

Babin yang paling aktif melakukan sambang warga mendapat reward berupa piagam dan uang pembinaan, sedang yang paling sedikit melakukan sambang mendapat hukuman dan menjadi evaluasi bagi pihaknya.

Selain Babin, juga dilakukan penilaian terhadap Polsek yang paling sedikit mengupload berita di IMM.

“Berupa piagam dan uang pembinaan, sementara punishmenya berupa bendera tengkorak dan menjadi catatan bagi kita kedepanya,” ujar Kapolres.

Seharusnya, lanjut Kapolres setiap anggota selalu mengupload kegiatanya di aplikasi IMM yang dimiliki Polres. 

Dengan mengupload kegiatanya di IMM diharapkan setiap kegiatan bisa diketahui dan berguna bagi masyarakat.

“Itu (upload ke IMM)merupakan salah satu buktinya,” terang Kapolres.

Penilaian terhadap Babin dan Polsek dilakukan setiap bulan. Jika dalam 3 bulan berturut-turut tetap mendapatkan hasil yang tidak maksimal, maka keberadaan mereka sebagai kapolsek dan babinsa akan dievaluasi.

Anggota Babinsa yang melakukan sambang warga diraih Bripka Awang S Babinsa Desa Karanganom Kecamatan Kauman, Brigadir Hari Pujianto, Babinsa Desa Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut dan Bripka Saiful Malik Babinsa Desa Kedung Wilut Kecamatan bandung.

Sedang Polsek dengan upload IMM terendah disandang oleh Polsek Tulungagung Kota, Polsek Pucanglaban dan SPKT Polres Tulungagung.(Jp/Ery)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close