Hukum dan Kriminalitas

Sehari, Kejagung Tahan Lima Tersangka Dugaan Korupsi Jiwasraya

Kejaksaan Agung (Kejagung) mulai unjuk gigi terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Dalam sehari, Selasa 14 Januari 2020, Kejagung menahan lima tersangka yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Kelimanya ditahan untuk 20 hari ke depan.

Dari lima tersangka itu, Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro ditahan di Rutan KPK. Kemudian, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo ditempatkan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Tersangka lainnya, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat, ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung. Lalu, mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim ditahan di Pomdam Jaya Guntur. Sementara, eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan ditahan di Rutan Cipinang.

Jaksa Agung S. Burhanuddin menyebut Jiwasraya diduga melanggar prinsip kehati-hatian dalam berinvestasi pada aset dengan risiko tinggi untuk mengejar high return. “Jiwasraya telah menempatkan saham sebanyak 22,4 persen senilai Rp 5,7 triliun dari aset finansial,” ujarnya.

Dari jumlah tersebut, 5 persen dana ditempatkan pada saham perusahaan dengan kinerja baik (LQ 45) dan 95 persen dana sisanya ditempatkan di saham perusahaan berkinerja buruk.

Jiwasraya juga menempatkan reksadana 59,1 persen dengan nilai mencapai Rp 14,9 triliun dari aset finansial. Dari jumlah tersebut, hanya 2 persen yang dikelola manajer investasi Indonesia dengan kinerja baik. Sedangkan 98 persen sisanya dikelola manajer investasi dengan kinerja buruk.

Akibat semua itu, sampai Agustus 2019, PT Asuransi Jiwasraya telah menanggung potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp 13,7 triliun. “Kami sudah menemukan adanya fakta keterlibatan 13 perusahaan yang menerima investasi saham dan reksadana dari Jiwasraya,” ungkap jaksa agung.

Potensi kerugian negara itu muncul karena adanya tindakan yang melanggar prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Yaitu terkait dengan pengelolaan dana yang berhasil dihimpun melalui program asuransi JS Saving Plan. (red/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close