Pendidikan

Gelar Pelatihan Hidroponik, Mahasiswa Agroteknologi Unisba Blitar Ingin Majukan Pertanian RI

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Agroteknologi Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali menggelar pelatihan hidroponik dalam rangka meningkatkan SDM generasi muda. Kali ini pelatihan dilaksanakan di Puccan Hidroponik, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis (16/1/2020).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berlandaskan semangat memajukan pertanian di Indonesia. Para mahasiswa berpandangan, generasi muda bangsa terutama mahasiswa sebagai kaum terpelajar mempunyai peranan sangat sentral untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pertanian Indonesia.

“Kegiatan semacam ini harus terus dilakukan. Indonesia Ini negara agraris. Ada baiknya seluruh kalangan, baik anak muda maupun orang dewasa, belajar pertanian demi majunya pertanian di Indonesia. Kenapa demikian? Karena kebutuhan pangan selalu meningkat setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk,” ungkap Waluyo Mukti Wibodo selaku anggota Himagrotek Unisba Blitar.

Sementara, Ketua Himagrotek Unisba Blitar M. Thoha Ma’ruf menambahkan, dalam kenyataannya memang pertanian di Indonesia masih kalah dengan negara-negara tetangga. Hal ini dibuktikan dengan adanya impor komoditas pertanian yang masih dilakukan pemerintah Indonesia.

“Pelatihan hidroponik ini sendiri bertujuan memaksimalkan potensi dunia pertanian yang semakin tergerus karena pembangunan di sektor lain. Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap teman-teman mampu mengaplikasikannya di rumah sehingga kebutuhan pangan, terutama sayuran, dapat terpenuhi oleh setiap keluarga agar ketergantungan terhadap pasar tidak terjadi lagi,” tandasnya.

Kegiatan pelatihan hidropinik yang digelar mahasiswa Unisba Blitar ini mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan. M. Lailul Arik selaku pemilik Puccan Hidroponik berharap agenda semacam ini rutin digelar karena dampaknya sangat baik dalam memberikan wawasan kepada generasi muda.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif dari Himagrotek Unisba. Kami berharap mereka lebih sering lagi belajar dan membagikan ilmu tentang dunia pertanian terutama hidroponik. Kami ingin mereka (mahasiswa) menjadi contoh bagi masyarakat khususnya generasi muda,” pungkasnya.

(ar/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close