Pendidikan

Mahasiswa Kedokteran UIN Malang Laksanakan Koas di Jeddah

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) akan melaksanakan program koas di Jeddah, Arab Saudi pada saat musim haji.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg kepada kami.

“Kita ini baru aja dari Saudi Arabia untuk kerjasama MoU, untuk mahasiswa kedokteran itu nanti koasnya atau praktiknya di Saudi, Jeddah,” katanya.

Koas tersebut akan dilaksanakan sekitar bulan Juni atau Juli tahun 2020 ini.

“Insya Allah Juli atau Juni tahun ini (2020) mulai koas di sana (Jeddah). Dosen-dosennya juga kita sertakan menjadi petugas haji,” terangnya.

Program Studi (prodi) Pendidikan Dokter FKIK UIN Malang memang memiliki visi untuk menjadi prodi Pendidikan Dokter terkemuka untuk menghasilkan dokter yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta memiliki keunggulan ilmu kedokteran wisata khususnya haji.

Keunggulan di bidang kesehatan haji ini didasari pada tujuan untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan jama’ah haji dan umroh.

“Kedokteran haji itu mereka persis seperti para dokter yang lain, tetapi punya keterampilan untuk menangani jamaah haji sebelum, sedang, dan setelah haji. Jadi mereka punya keterampilan itu,” papar rektor yang gemar menulis puisi tersebut.

Soal Kedokteran Haji ini, UIN Malang juga mendapat support oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof Dr Nizar MAg.(iiz/ay)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close