Pendidikan

Kejar Akreditasi Internasional, UB dan UIN Malang Targetkan 23 Guru Besar Tahun 2020

Saat ini, Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) terus berupaya dalam program percepatan profesor. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa UB dan UIN sebagai universitas kelas dunia (World Class University).

Seperti yang diketahui, profesor adalah salah satu pilar penting untuk mendukung keunggulan perguruan tinggi. Diharapkan semua inovasi, penelitian, dan karya ilmiah yang dihasilkan memberikan impact factor (faktor dampak) yang artinya penelitian yang dilakukan harus memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia.

Tahun 2020 ini, UB dan UIN Malang sama-sama menargetkan sejumlah 23 profesor yang dikukuhkan. Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS menyampaikan, percepatan profesor ini akan terus digenjot di UB. “Kita genjot. Kita buktikan tahun ini 23 guru besar,” ucapnya.

Untuk meraih akreditasi internasional ini, maka percepatan profesor ini akan terus ia genjot hingga tahun depan (2021) dengan jumlah yang kurang lebih sama. “Tahun depan juga kita genjot lagi. Paling tidak bisa 23 atau 25,” timpalnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. “Kalau 10 (dosen) tahun 2020 berhasil memperoleh surat keputusan jadi guru besar, maka 2020 ini kita mempunyai guru besar 23,” katanya.

Prof Haris menyampaikan, saat ini ada 5 dosen di UIN Malang yang sudah siap menjadi profesor dan database-nya tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedangkan ada 5 dosen lagi yang tengah sibuk mengajukan dan berproses pada penelitian gelar profesor. Sementara jumlah profesor di UIN Malang saat ini sebanyak 13 profesor.

Idealnya, jumlah profesor di suatu perguruan tinggi adalah 20 persen dari total jumlah dosen. Jumlah profesor di UIN Malang masih jauh dari 20 persen. Maka dari itu, Haris akan terus mendorong percepatan profesor di UIN Malang. “Kita dorong betul agar semua dosen menyiapkan itu (mengurus kenaikan pangkat ke guru besar),” tandasnya.(Izz/ay)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close