Pendidikan

UIN Maliki Siap Dirikan Rumah Sakit di Kampus 2 Kota Batu

Tak lama lagi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang akan membangun rumah sakit pendidikan. Rumah sakit tersebut akan dibangun di Kampus 2 UIN Malang Jalan Raya Dadaprejo No 1  Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. “Ke depan, kita sedang upayakan membangun rumah sakit di kampus 2. Jadi kampus dua itu nanti jadi rumah sakit pendidikan,” ucapnya.

Rumah sakit yang dibangun tersebut, kata Prof Haris. adalah rumah sakit umum. Jadi, rumah sakit itu memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit.

“Rumah sakit umum. Sekarang sudah diurus untuk alih fungsinya. Alih fungsi itu fungsinya dari kelas-kelas, nanti jadi rumah sakit,” katanya.

Kelas rumah sakit tersebut nantinya merupakan salah satu dari tipe A, tipe B, tipe C, atau tipe D. Rumah sakit umum tipe A memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 spesialis lain dan 13 sub spesialis.

Sementara rumah sakit umum tipe B memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit terdiri dari 4 spesialis dasar, 4 spesialis penunjang medik, 8 spesialis lain dan 2 subspesialis dasar.

Untuk rumah sakit umum tipe C, mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik yang terdiri dari 4 spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang.

Terakhir, rumah sakit tipe D adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 2 spesialis dasar.(iiz/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close