Ekonomi

Kawasan Pakis Malang Kini Kawasan Bisnis yang Menjajikan, Berikut Penjelasan Pakar dari UB

Dibangunnya tol di Kabupaten Malang akan memberikan kemajuan yang sangat luar biasa untuk Kabupaten Malang. Terlebih jika memang benar jalan tol nanti akan dibangun sampai ke Kepanjen. Nantinya, dipastikan akan muncul titik-titik industri baru. Lantas, industri apa sajakah yang punya peluang menjanjikan untuk berinvestasi di Kabupaten Malang, khususnya di Pakis?

Pengamat Politik, Wawan Sobari SIP MA PhD menyatakan, para investor memiliki peluang yang bagus untuk mendirikan industri di Pakis. Industri apapun, dikatakannya memiliki peluang yang menjanjikan.

“Menurut saya intinya sebenarnya industri apapun. Kan yang dibutuhkan mereka infrastruktur, mengirim barang, dan sebagainya,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) tersebut.

Ia mencontohkan, industri yang bisa didorong adalah industri yang memang laku. Semisal, infus Otsuka atau Pocari.

Selain infrastruktur, yang dibutuhkan oleh industri juga adalah kedekatan dengan bahan baku. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Malang juga harus melihat peluang bahan baku yang dimilikinya.

“Yang lebih penting lagi adalah yang dekat dengan bahan baku. Kabupaten Malang itu bahan bakunya apa sih yang bisa menjadi keunggulan bahan baku misalkan, selain infrastruktur,” paparnya.

Dan satu hal yang lebih penting lagi, kata Wawan adalah tata kelola pemerintahan.

“Tata kelola pemerintahan itu misalkan, pelayanan terhadap investor itu seperti apa. Jangan sampai di situ ada rente (korupsi), dan sebagainya,” terangnya.

Sebab, lanjutnya, satu hal yang paling penting bagi pengusaha adalah kepastian. Kepastian yang dimaksudkan di sini salah satunya adalah soal izin.

Di Indonesia, masih banyak hambatan perizinan di daerah yang kerap membuat investor mengurungkan niatnya dan beralih ke negara lain untuk merealisasikan investasinya. Sementara kita tahu investasi menjadi salah satu kunci utama untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

“Izin, kemudian AMDAL, dan sebagainya itu harus dipermudah. Yang lain lagi itu adalah akses lahan,” tandasnya.(iiz/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close