Peristiwa

Rizal Ramli Bela Helmy Yahya yang Dipecat dari Dirut TVRI

Helmy Yahya akhirnya benar-benar dipecat sebagai direktur utama (dirut) TVRI. Pemecatan itu buntut kisruh panjang antara Dewan Pengawas (Dewas) TVRI dengan Helmy.

Sebelum dipecat Jumat 17 Januari 2020, Helmy sudah terlebih dulu dinonaktifkan sebagai dirut. Pada Rabu 4 Desember 2019, Dewan Pengawas TVRI telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 3 Tahun 2019 yang berisi penetapan nonaktif sementara Direktur Utama TVRI Helmy Yahya. Selain itu, Dewas TVRI mengangkat Direktur Teknik TVRI Supriyono sebagai pelaksana tugas harian direktur utama TVRI.

Menanggapi surat keputusan tersebut, Helmy “melawan” dengan mengirimkan surat kepada Dewas TVRI. Isinya menyatakan bahwa dirinya masih merupakan direktur utama TVRI yang sah periode 2017-2022 dan akan tetap menjalankan tugas.

Namun, surat pemecatan resmi dikeluarkan dengan tanda tangan Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin. Anggota Komisi I DPR Farhan membenarkan adanya surat pencopotan oleh Dewas TVRI itu.

Pemecatan Helmy Yahya tersebut disayangkan banyak pihak. Termasuk tokoh politik sekaligus pengamat ekonomi Rizal Ramli. Rizal, yang selama ini dikenal sebagai pengkritik Joko Widodo (Jokowi), mempertanyakan mengapa mantan presenter itu dipecat, padahal kinerjanya bagus. “Helmi bagus, pembaharu, kok malah dipecat ?? Makin kebalik-balik .. gitu kok pidato mau maju ? Payah !” cuitnya lewat akun Twitter-nya, @RamliRizal.

Pembelaan mantan menteri di era Presiden Abdurrahman Wahid dan Jokowi periode pertama itu menyulut tanggapan warganet. Hampir semuanya menuliskan cuitan membela adik Tantowi Yahya itu.

“Di bawah kepemimpinan beliau TVRI jadi bagus, saya akui itu. Ayah saya saja kadang mematikan decoder untuk menyaksikan beberapa siaran di TVRI. Sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya,” tulis akun @muhammad_ridhaa.

@kuwungkuwung1 juga mengomentari cuitan Rizal Ramli dengan membela Helmy Yahya. “Hanya bs ngelus dada, Bang RR. Yg baek2 di-singkir-kan; yg “Nir-faedah” mlh dikumpulken, dibayar/digaji tinggi, tp gak jelas kerjanya..,” ucapnya.

“Bagi yang berkecimpung di bidang entertainment.. Helmi yahya jaminan ranting.. Kreatif.. Apakah dicopotnya ybs dari TVRI, karena pola kreatif tak bisa bersanding dengan SOP mengambil hati atasan?” ujar @jannotama.

Selama TVRI dinakhodai Helmy Yahya, memang signifikan sekali perubahannya. Banyak acara bagus dan baru yang ditayangkan TVRI sehingga kini dianggap sejajar dengan stasiun televisi swasta. Hak siar Liga Inggris yang digemari masyarakat Indonesia kini juga dipegang TVRI. Stasiun televisi pelat merah itu juga identik dengan live kejuaraan bulu tangkis yang menyedot rating tinggi. (red/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close