Wisata

Fasilitasi Wisatawan, Candi Penataran Kini Dilengkapi City Walk

Dalam rangka meningkatkan daya saing pariwisata di Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar terus mendorong pembangunan amenitas atau sarana dan prasarana pendukung pariwisata.

Salah satunya dengan membangun City Walk di area wisata Candi Penataran, Kecamatan Nglegok yang diresmikan oleh Bupati Blitar, Rijanto pada Jumat (17/01/2020).

Fasilitas penunjang komplek wisata Candi Penataran itu diresmikan dengan penandatanganan Prasasti yang ditandatangani oleh Bupati Rijanto. Acara tersebut diikuti oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar serta pegiat wisata Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso dalam sambutannya mengatakan, pembangunan City Walk yang terdiri dari trotoar, lampu hias, air mancur, kursi taman dan beberapa unit kios oleh-oleh ini diharapkan tidak hanya meningkatkan daya tarik wisata yang ada tetapi juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Pembangunan kawasan wisata Penataran ini masih belum selesai dan akan terus diusulkan agar bisa dibangun tahun ini. Selanjutnya, pemberdayaan masyarakat pelaku wisata juga menjadi PR yang harus segera ditangani untuk menunjang kegiatan kepariwisataan,” ucap Suhendro.

Oleh karenanya, Suhendro menambahkan pihaknya bersama pihak terkait terus mendorong para pelaku wisata untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Untuk memberdayakan masyarakat kita bersama OPD terkait akan kita laksanakan pelatihan-pelatihan yang menunjang kegiatan kepariwisataan,” ungkap Suhendro.

Perlu diketahui, pembangunan amenitas pariwisata City Walk Penataran ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Blitar untuk menunjang kunjungan wisata di Kabupaten Blitar.

“Dari target kunjungan wisatawan sebesar 2,4 juta kunjungan di tahun 2019, tercapai sebesar 2,74 juta kunjungan naik 17,2 persen dari total kunjungan tahun sebelumnya,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rijanto berharap City Walk Penataran terus dioptimalkan untuk menunjang wisata Candi Penataran. Sejumlah hal seperti kebersihan, kenyamanan, keamanan, dan estetika lingkungan menjadi perhatiannya supaya dikerjakan dengan baik.

“Harapannya dengan adanya fasilitas ini tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan, tetapi juga bisa menumbuhkan perekonomian warga di sini yang berjualan. Tentunya masyarakat kita juga ikut bergembira dengan diresmikannya City Walk Penataran ini,” tandas bupati. (mn/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: