Agama

Polisi di Blitar Ikut Bersih-Bersih Kelenteng Jelang Imlek

Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2571, warga berdarah Tionghoa di Kota Blitar menggelar ritual bersih-bersih kimsin atau patung dewa dan Kelenteng Poo An Kiong, Senin (20/1/2020). Bersih-bersih jelang Imlek ini tidak dilakukan sendiri namun mereka dibantu sejumlah anggota Polres Blitar Kota.

Mereka membersihkan altar dan ruangan sembahyang di kelenteng. Mereka juga membersihkan lantai ruang sembahyang di klenteng. “Kami membantu membersihkan kelenteng sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga Tionghoa yang akan merayakan Imlek,” ungkap Kapolres Blitar Kota  AKBP Leonard M. Sinambela.

Selain membantu pembersihan kelenteng, pihaknya menjamin keamanan warga Tionghoa selama menjalankan ibadah dan merayakan Imlek.  Polisi akan melakukan pengamanan selama kegiatan Imlek di Kelenteng Poo An Kiong. “Kami berharap perayaan Imlek di Kota Blitar berjalan lancar, aman, dan nyaman. Kami mengucapkan selamat Hari Raya Imlek kepada umat Konghucu di Blitar Raya,” imbuhnya.

Sementara, Daniel -salah satu pengurus Kelenteng Poo An Kiong- mengatakan hari ini pembersihan altar dan ruang sembahyang. Sementara besok akan dilakukan bersih-bersih patung dewa. Kemudian pada Jumat (24/1/2020) malam, akan dilaksanakan sembahyang menyambut Imlek. Setelah sembahyang, juga akan digelar pertunjukan barongsai di kelenteng. Tepat hari Imlek-nya pada Sabtu (25/1/2020) akan ada sembahyangan.

“Untuk  bersih-bersih altar dan ruang sembahyang di kelenteng kami dibantu petugas Polres Blitar. Sementara bersih-bersih patung dewa akan dilakukan pengurus sendiri,” katanya.
(mn/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close