Pemerintahan

Tahun Baru, Bupati Maryoto Restui Tambahan Tunjangan Dewan

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo sudah menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) tentang kenaikan tunjangan anggota DPRD. Namun saat ditanyakan besaran kenaikan tunjangan itu, Maryoto tidak ingat besaran pasti kenaikanya.

Kenaikan tunjangan kata Maryoto masih belum final, lantaran masih ada kesepakatan yang harus dibahas oleh kedua belah pihak, DPRD dan Pemkab Tulungagung. “Kalau dari kami sudah, nanti kedua belah pihak (DPRD dan Pemkab) omong-omongan (berunding),” ujar Maryoto Birowo, Rabu (22/1/20).

Berlakunya kenaikan tunjangan ini mulai berlaku pada 1 Januari 2020 lalu, namun untuk pencairanya menunggu hasil dari rapat antara Pemkab dan DPRD.

Sementara itu Sekretaris DPRD Tulungagung, Budi Fatahilah beberapa waktu lalu sudah mengajukan besaran kenaikan tunjangan untuk anggota DPRD. Untuk besaran sendiri ada perbedaan antara unsur pimpinan DPRD dan anggota DPRD.

Sekretariat DPRD Tulungagung telah mengusulkan kenaikan tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi. Tunjangan ini berlaku untuk semua dewan. Namun, tunjangan transportasi tidak berlaku untuk pimpinan dewan, lantaran mereka sudah mendapatkan fasilitas mobil dinas dan bahan bakar minyak (BBM).

Untuk menentukan besaran kenaikan ini, pihaknya melibatkan appraisal dari Sucofindo. “Hasilnya disimpulkan, kenaikan tunjangan perumahan dan transportasi ini sekitar 20 persen,” kata Budi.

Sebelum ada kenaikan tunjangan, Ketua DPRD Tulungagung mendapatkan tunjangan perumahan Rp 18,3 juta, Wakil Ketua Rp 13,5 juta dan anggota Rp 8.500.000.

Sedangkan tunjangan transportasi untuk anggota DPRD sebesar Rp 400.000 per hari, dan dihitung 22 hari kerja, total tunjangan transpostasi yang lama Rp 8.800.000 per bulan.

Hasil taksir kenaikan dari tim appraisal, tunjangan transportasi yang baru sebesar Rp 10,2 juta per bulan. “Jadi ada kenaikkan tunjangan transportasi sebesar Rp 1.400.000,” sambung Budi.

Jika dirata-rata, kenaikkan tunjangan transportasi ini sebesar Rp 63.636 per hari. Sebelum ada kenaikan, setiap bulanya setiap anggota DPRD menerima gaji sekitar Rp 29-30 juta. Jika usulan kenaikan ini disetujui, jumlah ini akan naik 20 persen.
(jok/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close