Peristiwa

Wujudkan Kemanunggalan, Babinsa Koramil Wlingi Dampingi Pemupukan Padi

Seorang Babinsa (Bintara Pembina Desa) harus menjadi motivator dan pelopor dalam setiap kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan Serka Danu, Babinsa Kelurahan Klemunan Koramil 0808/12 Wlingi Kodim 0808/Blitar. Danu terjun langsung kesawah dalam melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di areal sawah milik Sugito, warga lingkungan Krakal RT. 01 RW. 04,  Kelurahan Klemunan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Rabu (22/1/2020). Sugito menanam padi jenis Siherang di sawahnya yang memiliki luas 0,150 hektar.

“Pemupukan padi ini wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik sampai tiba masa panen. Jika tidak diberi pupuk dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman lebih pendek dari ukuran normalnya kemudian daunnya kuning,” ungkap Serka Danu.

Dia menambahkan, tujuan pemupukan ini untuk memberikan kesuburan tanaman padi, sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama pada tanaman padi. Di kesempatan ini Danu juga mengimbau kepada para petani agar melakukan pemupukan secara serentak agar penanggulangan hama padi berjalan efektif.

“Kami sampaikan kepada para petani khususnya Bapak Sugito agar selalu merawat tanaman padi tersebut. Kami juga minta agar petani melakukan penyemprotan secara rutin untuk mencegah serangan hama,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, keikutsertaan Babinsa merupakan upaya khusus utk menyukseskan program swasembada pangan yang akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Blitar. Selain itu kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Sesuai harapan, pemupukan dapat dilakukan secara efektif, sehingga tanaman padi tumbuh subur, hasilnyapun maksimal sesuai dengan harapan,” pungkasnya.

(ar/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close