Ekonomi

Pasar Sayur Batu Hampir Selesai Dibangun, Pembagian Kios Mulai Dibagi

Bukan hanya penempatan zonasi dalam pasar sayur Kota Batu, tapi penempatan kios bagi pedagang juga menjadi hal serius jika pembangunan itu usai pada 28 Januari mendatang.

Terlebih nantinya penempatan itu dilihat dari pedagang yang akan menempati kios permanen dan semi permanen. Seluruhnya saat ini yang terdaftar dalam paguyuban pasar sayur ada 258 pedagang.

Sedangkan bangunan pasar sayur itu totalnya ada 136 kios dan 138 los. Juga terdapat pedagang makanan yang memang sebelumnya sudah ada dan berjualan secara turun menurun.

“Karena itu akan dilakukan pengkajian dahulu. Walaupun sebelumnya itu ada solusi penempatannya di area belakang atau foodcourt,” ucap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono.

Ia menambahkan jika untuk pengundian tempat akan disampaikan kepada pedagang melalui perwakilan paguyuban. Namun nantinya pedagang yang sebelumnya memiliki kios atau lahan yang besar akan menempati kios.

Tetapi bagi pedagang yang sebelumnya berdagang di pasar los akan dibahas lebih lanjut. “Sebab kami tidak ingin ada kecemburuan atau konflik nantinya saat pengundian,” ungkapnya.

“Karena harapan kita para pedagang di sana memiliki haknya secara adil, tanpa ada konflik,” harap Eko. Sedang, Ketua Paguyuban Pasar Sayur, Agus Yulianto menambahkan, selanjutnya para perwakilan pedagang dalam paguyuban itu melakukan proses pembahasan zonasi, dan menyinkronkan data pedagang untuk penempatan kios.

“Segera ini akan kita bahas bersama dengan pedagang lainnya untuk meminta saran dan persamaan persepsi,” ucap Agus. (ir/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close