Peristiwa

Pasar Sayur Tahap II Tinggal Sebentar Lagi Rampung, Pemkot Batu dan Paguyupan Pedagang Petakan 4 Zonasi

Pada 28 Januari mendatang ditargetkan pembangunan pasar sayur tahap II di jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu rampung. Penempatan zonasi pun dilakukan bersama paguyuban pedagang Pasar Sayur Kota Batu.

Ternyata penempatan zonasi itu dibagi menjadi empat. Empat zonasi itu terbagi terdiri dari zona kentang, zona bawang merah, zona pertanian, dan zona pertanian. Zonasi dilakukan agar ke depan lebih rapi dan tertata.

“Zona ini kita bagi karena memang di sana terdapat beragam jenis sayuran yang dijual. Tapi ada komoditas yang banyak seperti kentang, bawang merah dibuat zona sendiri,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono.

Ia menambahkan, sebelum pada 28 Januari pasar sayur rencananya diserahkan kepada Pemkot Batu, dan paguyuban pasar sayur sudah ancang-ancang. “Dan terkait dengan zonasi ini merupakan bagian yang penting,” imbuhnya.

Sementara itu pembangunan pasar sayur tahap II dimulai pada 21 Juni 2019 dengan anggaran Rp 5 miliar serta bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu tahun 2019.

Pengerjaan pembangunan itu seharusnya berlangsung selama 180 hari kerja atau berakhir 26 Desember 2019. Anggaran hanya untuk pembangunan hanggar yang berada di tengah unit sayur.

Sedangkan pembangunan tahap I sebelumnya juga mengalami keterlambatan yang seharusnya selesai pada bulan Desember 2017, namun baru dapat terselesaikan pada satu bulan setelahnya atau bulan Januari 2018.

Sedang pembangunan pasar sayur tahap pertama pada tahun 2017 itu ada fasilitas kios pedagang dengan ukuran 3 x 5 meter sebanyak 40 unit.

Lalu kios pedagang sayur dengan ukuran 3 x 3 meter sebanyak 96 unit. Dengan demikian, totalnya 136 unit kios.

(ir/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close