Politik

Sapa Peternak Ikan Koi, Ini Strategi Henry Pradipta Anwar Dorong Koi Blitar Tembus Pasar Dunia

Bakal Calon Wali Kota Blitar Henry Pradipta Anwar bertemu kelompok peternak Ikan Koi di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Kamis (23/1/2020) sore. Henry berjanji akan mendorong sektor peternakan ikan koi di Bumi Bung Karno semakin memiliki daya saing.

Kedatangan Henry bersama keluarga dan timnya disambut antusias oleh para peternak yang hadir. Sesaat setelah Henry turun dari mobil, nampak para peternak bergantian bersalaman juga minta foto bersama.

Handoko, salah satu peternak ikan koi di Kelurahan Pakunden mengatakan, Blitar adalah penghasil ikan koi terbaik di Indonesia. “Peternakan koi di Blitar itu, sebenarnya Kota Blitar itu sudah jadi ikonnya nasional. Blitar itu bisa dijuluki Niigatanya Indonesia. Penghasil ikan koi kelas dunia itu Jepang, kalau di Indonesia penghasil terbaiknya adalah Blitar,” ungkap Handoko.

Meski penghasil ikan koi terbaik, namun menurut Handoko di Blitar ini ada beberapa persoalan yang dihadapi oleh para peternak. Salah satunya terkait ekspor. Permintaan ikan koi dari Blitar cukup tinggi, baik dari dalam Indonesia maupun luar negeri. Namun untuk permintaan luar negeri, peternak seringkali terkendala ribetnya birokrasi.

“Untuk birokrasi, di tahun 2019 kemarin pengiriman untuk ke luar negeri itu rumit birokrasinya. Sementara untuk keluar pulau ada kenaikan kargo, tapi setelah menterinya ganti ini harganya kembali turun,” paparnya.

Handoko berharap, sosok muda Henry Pradipta Anwar apabila nanti terpilih sebagai wali kota Blitar bisa ikut mensuport dan bersinergi dengan para peternak koi di Kota Blitar.”Harapan kami mas Henry bisa mendukung perekonomian rakyat dengan suport terhadap peternak ikan koi. Semoga dengan kepemimpinan mas Henry, aset-aset pemerintah yang tidak produktif bisa disewakan kepada kaum milenial untuk beternak koi,” tukasnya.

Sementara itu menanggapi aspirasi dari para peternak, Henry yang merupakan putra sulung Wali Kota  Blitar Non Aktif Samanhudi Anwar menegaskan ikan koi merupakan ikon dari Kota Blitar. Namun demikian, selama ini dirinya melihat pemerintah kurang memberikan perhatian kepada para peternak koi.

Henry berjanji, apabila terpilih nanti dirinya akan mendorong kemajuan ekonomi kreatif Kota Blitar, salah satunya ikan koi, dengan mendirikan Mall Pemerintahan. Harapannya dengan beragam inovasi ini ikan koi dari Blitar akan menembus pasar dunia.

”Saya pengenya nanti ada mall pemerintahan. Konsep Blitar Kota Digital yang saya canangkan nanti akan diimplementasikan melalui aplikasi digital, sehingga produk dan potensi Kota Blitar bisa diakses oleh seluruh dunia,” terang Henry yang merupakan mantan Ketua Komisi 1 DPRD Kota Blitar.

Program lain yang disiapkan Henry, yakni dengan menggelar Festival UMKM dan Blitar Koi Festival. Salah satu gerakan dari festival ini ialah mengundang para investor dari luar daerah dan berbagai belahan dunia.”Ini yang harus kita bangun, nanti yang menyelenggarakan event-event itu adalah pemerintah. Ini cara kreatif untuk medorong ekonomi kreatif di Blitar Bumi Bung Karno,” tandasnya.(*)
(aun/yah)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close