Peristiwa

Sebar Berita Bohong Soal Sumber Air PDAM Kota Malang, Perempuan Ini Minta Maaf

Belum lama ini, dunia maya sempat digegerkan dengan informasi yang menyebut jika sumber air yang digunakan untuk memasok air bersih pada warga krisis air di Kota Malang berasal dari sungai. Informasi itu menyebar dengan luas, bahkan hingga ke berbagai grup pesan singkat WhatsApp.

Kondisi itu pun sempat membuat keresahan dan ketakutan. Padahal, saat ini ada ribuan warga terdampak pecahnya pipa transmisi Perumda Tugu Tirta atau dulu dikenal PDAM Kota Malang yang belum teraliri air bersih. Sehingga hanya mengandalkan keberadaan bantuan tangki air hingga terminal air.

Namun informasi tersebut kemudian diralat. Perumda Tugu Tirta Kota Malang pun menampik kabar tersebut dan menegaskan jika air bersih tak diambil dari sungai. Melainkan diambil dari hydrant yang lokasinya memang berdekatan dengan sungai.

“Yang menyebarkan informasi itu pun sudah datang ke kantor kami dan meminta maaf,” kata Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas pada kami, Kamis (23/1/2020).

Sementara itu, penyebar informasi hoax yang belakangan diketahui bernama Katarina Kemuning Ayu Purnamasari itu pun telah membuat pernyataan permohonan maaf. Surat tersebut ditujukan kepada masyarakat Kota Malang, Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang, hingga jajaran pemasok air bersih se Jawa Timur.

Dalam pernyataan yang dibuat, Katarina menyampaikan jika informasi yang dia sampaikan kepada publik sebenarnya sangat tak berdasar. Sehingga dia memohon maaf sekaligus meminta agar segala tuntutan pidana yang diberikan segera dicabut. Berikut pernyataan lengkapnya.

“Sehubungan dengan tindak kesalahan yang saya lakukan, yakni menyebar foto beserta informasi tentang kemungkinan PDAM Kota Malang mengambil air dari sungai. Bahwa foto dan anggapan saya tidaklah berlandaskan apapun dan salah. Atas hal tersebut saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Direktur PDAM Kota Malang Bapak Nor Muhlas dan bapak koordinator truk tangki Kota Malang Bapak Agus beserta seluruh kru truk tangki se Jawa Timur agar memaafkan dan mencabut seluruh laporan yang terkait tindak pidana,” ungkapnya melalui sebuah video yang disebarkan di media sosial.

(Video)

(Pa/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: