Hukum dan Kriminalitas

Merebak Ujaran Kebencian kepada Polisi, Polres Blitar Lakukan Penyelidikan

Polres Blitar masih melakukan penyelidikan terkait postingan ujaran kebencian di akun facebook dengan nama pengguna “Diaz-Diaz”. Dalam postingannya akun tersebut menuliskan sebuah kata-kata tidak pantas yang ditujukan kepada pihak kepolisian.

Postingan itu diduga diunggah oleh pemilik akun karena ketidakpuasannya pada penanganan kasus pelajar yang membunuh begal di Malang.

“Polisi a***g. Kalo polisi tembak begal sampai mati polisi gak dipenjara. Tp klo orang biasa bunuh begal, knapa koq ditangkap. Apakah ini namanya keadilan sosiak bagi seluruh rakyat Indonesia. Polisi a***g cuma mentingin uang dan pangkat. Hey polisi, klo kamu gk terina lepas seragammu ayo duel sama aku,” demikian postingan akun “Diaz-Diaz” di media sosial facebook yang diunggah Senin (21/1/2020) lalu.

Postingan itu juga dibagikan akun “Diaz-Diaz” di grup facebook Jual Beli Motor Blitar. Usai mendapat banyak tanggapan akun itu kemudian mengubah kalimat pada postingannya menjadi lebih sopan dengan menghilangkan kata-kata penghinaan. Meski begitu postingan itu terlanjur terdeteksi Tim Cyber Crime Polres Blitar.

Pemilik akun telah dipanggil ke Mapolres Blitar untuk dimintai keterangan. Namun menurut keterangan yang disampaikan pemilik akun mengaku jika akun facebooknya tersebut telah diretas.

“Kami memanggil pemilik akun untuk dimintai keterangan, namun berdasarkan pengakuannya si pemilik akun atas nama Diaz ini mengatakan kepada kami jika akun facebooknya dihack,” ungkap Kasatreskrim Polres Blitar AKP Sodik Effendi, Kamis (23/1/2020).

Tak berselang lama, Diaz pemilik akun melaporkan seseorang yang diduga meretas akunnya. Dia adalah TGP (25) warga Binangun, Kabupaten Blitar. TGP diduga mencatut foto dan nama Diaz untuk menebarkan ujaran kebencian kepada polisi.

“Hasil penelusuran TGP memakai nama profil orang lain dalam hal ini Diaz untuk menebar kebencian kepada polisi. Kami masih terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Perkembangan lebih lanjut akan segera kami sampaikan,” pungkasnya.  (ar/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close