Peristiwa

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Dua Rumah Ludes Dilahap Si Jago Merah

Memasuki akhir bulan Januari, insiden kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Malang.

Tak tangung-tangung, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, peristiwa kebakaran terjadi pada dua rumah warga, Jumat (24/1/2020).

Adalah rumah milik Kasan warga Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang kali pertama diamuk si jago merah. Kejadiannya terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

”Dari informasi anggota di lapangan, penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik pada mobil,” terang Kepala Seksi PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto, Sabtu (25/1/2020).

Korsleting listrik pada mobil tersebut, lanjut Agus, dengan cepat menyambar bangunan rumah milik pria 60 tahun tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja api yang cepat merambat membuat Kasan dan keluarganya tidak bisa menyelamatkan berbagai barang berharga milik mereka.

”Tidak ada korban jiwa maupun luka, kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta,” sambung Agus kepada Kami

Semula, warga yang mengetahui adanya kebakaran sempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun lantaran tak kunjung padam dan khawatir akan merembet ke rumah warga lainnya.

Peristiwa kebakaran ini akhirnya dilaporkan ke perangkat desa setempat, sebelum akhirnya dilanjutkan ke PMK Kabupaten Malang.

Mendapat informasi adanya insiden kebakaran, beberapa personel dan tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian.

Dengan dibantu warga, petugas berupaya memadamkan kebakaran tersebut.

Meski menghanguskan hampir seluruh bangunan rumah korban, namun kebakaran dipastikan tidak sampai merembet ke bangunan rumah warga lainnya.

”Tiga unit mobil pemadam yang dikerahkan ke lokasi kejadian, baru bisa memadamkan api sekitar 1 jam setelah peristiwa kebakaran terjadi,” terang Agus.

Berselang beberapa jam kemudian, giliran rumah milik Yudi warga Perumahan Muara Sarana Indah, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang yang mengalami kebakaran.

Diduga kuat, penyebab kebakaran di rumah pria 45 tahun tersebut masih sama, yakni konsleting listrik.

”Kebakaran tidak sampai menelan korban, kerugian mencapai jutaan. Kasusnya masih ditangani pihak kepolisan,” sambung Agus.

Diperoleh keterangan, insiden kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

Saat pertama kali diketahui, api sudah memenuhi bagian depan rumah korban.

Pihak PMK Kabupaten Malang yang mendapat laporan adanya kebakaran, langsung mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Beruntung, kobaran api dari kebakaran bisa cepat diantisipasi.

Sehingga kebakaran tidak sampai merembet ke rumah warga lainnya.

”Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar 1 jam kemudian,” tutup Agus. (al/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: