Peristiwa

Klenteng Eng An Kiong Rayakan Tahun Baru Imlek, Ini Makna Tikus Logam

Tahun Baru Imlek 2571 atau yang tepat jatuh pada 25 Januari 2020 dalam hitungan China merupakan Tahun Tikus Logam. Dalam satu tahun ke depan, bumi akan berada dalam pengaruh rasi bintang Tikus.

Binatang ini dalam astrologi China mengawali tahun pertama dalam siklus 12 tahun. Lantas, apa makna Tahun Tikus Logam itu sendiri?

Humas Klenteng Eng An Kiong, Bonsu Anton menyampaikan, Tahun Tikus Logam ini memiliki makna tersendiri. Sebagaimana fisiknya, tikus merupakan hewan yang sangat terampil. Selain itu tikus juga dikenal sebagai hewan yang rajin dan pekerja keras.

“Dan kita harus menyadari jika manusia mahluk yang paling sempurna, diberi otak dan hati,” katanya, Sabtu (25/1/2020).

Anton menjelaskan, Tahun Baru Imlek selalu datang saat musim semi. Dengan tepat jatuhnya Tahun Tikus Logam ini, diharapkan manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna untuk selalu memanfaatkan peluang yang ada. Terlebih, Indonesia adalah negeri agraris yang selalu disinari matahari sepanjang tahun.

“Kita harus melihat, tikus saja hewan yang kecil tapi rajin dan bisa mencari makan sendiri. Kita sebagai manusia harus rajin memanfaatkan peluang dan fasilitas yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Salah satunya dalam bentuk tanah subur yang dimiliki Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, pesan lain yang terkandung dalam Tahun Tikus Logam adalah agar manusia selalu belajar. Karena sebagaimana ajaran yang ada, manusia harus belajar dari lahir hingga dia dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Di tahun ini, kami berdoa kepada Tuhan agar diberi keimanan untuk menjunjung tinggi kebenaran dan menjalankan kebaikan serta kebajikan,” jelasnya.

Sementara itu, prosesi ibadah telah dilangsungkan di Klenteng Eng An Kiong sejak Sabtu (25/1/2020) pagi. Ribuan umat bergantian datang untuk sembahyang dan menyalakan dupa serta berdoa. Anak-anak hingga dewasa terlihat bahagia menyambut Hari Raya Imlek 2571.

Sementara untuk menjaga keamanan, kepolisian telah menerjunkan sekitar 100 personel. Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata memastikan pihak kepolisian akan menjaga keamanan dan kenyamanan selama proses beribadah berlangsung.

“Tadi proses berjalan lancar dan khidmat. Kami akan kembali turunkan personel saat Cap Gomeh nanti. Dan kami juga sampaikan selamat Tahun Baru Imlek bagi umat yang merayakan,” jelas Leo.(pa/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close