Hukum dan Kriminalitas

Warga Surabaya Laporkan Warga Malang Karena Merasa Dikibuli, Merugi Ratusan Juta

Warga Surabaya, yakni M Ishariadi, Jumat siang (24/1/2020), melaporkan M. Rikhi Toufan warga Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Laporan tersebut lantaran, M Ishariadi merasa dikibuli oleh warga Lawang tersebut.

Modusnya, pelaku menawarkan kepada korban sebuah paket pekerjaan pengadaan kontainer dan pekerjaan konstruksi. Dijelaskan pelaku, jika pekerjaan tersebut berasal dari sebuah kampus ternama di Kota Malang (8/10/2019). Setelah korban mendapat paparan dari pelaku, termasuk jumlah modal yang harus disediakan, korban akhirnya sepakat untuk mengerjakan proyek tersebut.

Korban yang setuju kemudian mentransfer sejumlah uang sebagai modal ke dua rekening yang diberikan pelaku dan satu pembayaran lagi menggunakan sebuah cek. Total yang dikirimkan kepada pelaku, sebesar Rp 243.000.000.

Setelah itu, kemudian pelaku memberikan kepada korban sebuah Surat Perjanjian Kerja (SPK). Namun ketika dilakukan pengecekan oleh korban, SPK yang diberikan pelaku tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan sebelumnya.

Dari situ, akhirnya korban meminta untuk uang miliknya segera dikembalikan. Pelaku kemudian membuat surat pernyataan tentang kesanggupan untuk mengembalikan uang milik korban. Namun sampai dua kali surat pernyataan, pelaku hingga saat ini tak kunjung mengembalikannya.

Bahkan, ketika dihubungi korban, pelaku justru menghindar dan memutus aksesnya. Dari situ, korban yang merasa geram, akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Malang Kota.

Kasubag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, membenarkan adanya laporan tersebut. Namun saat ini pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail perihal penanganan kasus tersebut. “Ya yang jelas, tentu dalam penyelidikan, lebih detail di Reskrim,”pungkasnya

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close