Hukum dan Kriminalitas

Roy Suryo Polisikan Sunda Empire, Dibalas Lapor ke Mahkamah Internasional

Polemik Sunda Empire belum selesai. Malah kontroversi “kerajaan baru” itu memasuki ranah hukum.

Petinggi Sunda Empire Rangga Sasana dilaporkan ke polisi oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. Rangga dianggap melakukan penyebaran berita bohong dan pencemaran nama baik.

Laporan petinggi Partai Demokrat tersebut dilakukan di Polda Metro Jaya, Jumat (24/1/2020) kemarin. Laporan ini berawal dari acara talkshow di sebuah stasiun televisi nasional. Dalam acara itu, Roy Suryo dan Rangga Sasana sama-sama hadir sebagai narasumber bersama sejumlah tokoh lain.

Roy merasa kecewa saat Rangga menyebut dirinya tak mengerti sejarah. Saat itu keduanya terlibat diskusi tentang sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Rangga menyebut PBB dan NATO didirikan di Bandung, Jawa Barat.
“Dia (Rangga) mengatakan kalau saya salah, tidak mengerti sejarah. Dia menuduh saya nggak mengerti sejarah,” kata Roy di Polda Metro Jaya.

Selain itu, Roy melaporkan Rangga atas dugaan penyebaran berita bohong karena diduga mengubah informasi di Wikipedia.
Wikipedia menulis PBB didirikan di Lembang, Bandung, sesuai perkataan Rangga. “Diduga ada seseorang yang mengubah informasi di Wikipedia. Ada sebuah akun anonim telah menyunting keterangan sejarah PBB di Wikipedia. Dan, IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire,” ucap Roy, yang juga pakar telematika.

Namun, pihak Sunda Empire tak gentar atas laporan Roy. Malah Sunda Empire melalui Rangga Sasana akan menuntut Roy ke Mahkamah Internasional yang dia sebut masih ada hubungannya dengan Sunda Empire.

Rangga menyatakan Roy telah memfitnah dan memprovokasi masyarakat dengan menganggap Sunda Empire sesat. “Memfitnah itu kejahatan perang,” ucap Rangga.

Rangga juga meminta polisi tidak gegabah menangani laporan Roy. Dia juga meminta sejumlah pihak, seperti DPR, MPR, dan TNI, tidak ikut campur terkait keberadaan Sunda Empire. (red/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
%d bloggers like this: