Pemerintahan

Siapkan Rp 20 M, Dinas Pertanian Kota Batu Fokus 5 Program

Pemkot Batu terus menggenjot sektor pertanian di wilayahnya. Tahun 2020 ini, melalui Dinas Pertanian,  Pemkot Batu menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

Dengan anggaran sebesar itu, Dinas Pertanian Kota Batu fokus pada lima program prioritas. Dari lima progam itu, pertama adalah pengadaan sarana produksi (saprodi) pertanian. Kedua, pemantapan pasar hasil pertanian.

“Kemudian peningkatkan pertanian organik, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan modernisasi alat pertanian,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono.

Ia menjelaskan, program peningkatan SDM pertanian menjadi prioritas Dinas Pertanian dengan memberikan bimbingan teknis dan sosialisasi tentang pertanian. Sistemnya akan dilakukan dengan  sekolah lapang minimal 10 kali pertemuan.

“Ada demplot (demonstrasi plot)-nya dengan memberikan pemahaman dari hulu hingga hilir dan didampingi,” katanya.

Lalu, program pengembangan pertanian organik terus digenjot. “Dengan penambahan kawasan pilot project di dua desa. Karena targetnya tahun 2022 mendatang harus mencapai seluruh desa dan kelurahan,” imbuh Sugeng.

Bantuan saprodi dalam revitalisasi lahan pertanian yang rusak juga akan dilakukan  tahun ini, seperti sebelum-sebelumnya. Caranya dengan pemberian bibit, pupuk organik padat atau pupuk PGPR.

“Tahun ini kami fokuskan kepada para petani yang terkena bencana alam seperti angin puting beliung yang terjadi di Desa Sumber Brantas,” tambah Sugeng.

Bukan hanya yang terkena bencana. Tetapi kali ini Dinas Pertanian juga fokus meningkatkan hasil pertanian apel. Selain itu, Pemkot Batu mempertahankan lahan pangan.

“Lahan pangan tersebut tidak beralih fungsi, baik menjadi bangunan maupun tidak. Alih fungsi jenis tanamannya, maka itu akan kami benahi,” ucap Sugeng.

Program lain seperti modernisasi alat-alat pertanian untuk mengolah tanah, penyiraman, hingga panen tahun ini masih diberikan. Bantuannya berupa traktor, cultivator, screenhouse, screenhouse portable, dan greenhouse. “Kami juga meningkatkan perternakan di Kota Batu,” tutupnya.(ir/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close