Politik

Sate Jadi Sarana Anggota DPRD Ini untuk Lebih Dekati Masyarakat

Keberadaan anggota legislatif di tengah masyarakat memiliki suatu peran yang penting. Selain untuk lebih mengenal rakyatnya, badan legislatif menjadi pintu pertama bagi masyarakat untuk menyampaikan bentuk keluh kesah hingga aspirasi untuk kemajuan wilayahnya.

Di Kota Malang, salah satu anggota DPRD Kota Malang, Bayu Rekso Aji, bahkan memiliki program khusus untuk lebih mendekatkan diri dengan warganya. Yakni, dengan meluncurkan kegiatan ‘Makan Sate bareng Pak Dewan’.

Kegiatan yang belum lama ini di-launching di salah satu rumah warga di Jl Muria Gang 4 No 701 Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, itu sebagai salah satu sarana untuk secara langsung mendengar aspirasi masyarakat. Hal itu akan berlangsung setiap satu minggu sekali secara bergilir di 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Klojen.

“Kami ingin setiap minggu turun langsung ke masyarakat di dapil Klojen dan menyerap apa yang menjadi aspirasi dan keingingan masyarakat,” ujar Bayu, yang juga anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang dapil Klojen.

Di Kelurahan Oro-Oro Dowo, sekitar 35 warga menyampaikan uneg-uneg-nya sambil menikmati suguhan sate kambing sebagai menu pendamping yang nantinya akan selalu disajikan di tempat berikutnya. Yang paling tersorot yakni perihal kenaikan premi BPJS Kesehatan. Kemudian terkait pembinaan UMKM yang diminta untuk lebih tepat sasaran hingga renovasi balai RT. “Apa yang warga sampaikan ini akan lami catat dan perjuangkan di DPRD,” ucap Bayu.

Sebelumnya, pria yang juga anggota Komisi B DPRD Kota Malang itu telah menjalankan program ‘Gaji Dewan jntuk Rakyat’. Setiap bulan setiap warga di 11 Kelurahan di Kecamatan Klojen akan digilir untuk mendapatkan sembako. Yaitu sebanyak 150 paket berupa 5 kg beras kepada kaum duafa di wilayah tersebut.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono mengapresiasi program yang dilakukan anggotanya. Hal itu, menurut dia, merupakan salah satu rekomendasi saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) PKS.

“Memang dalam Rakorda PKS sudah direkomendasikan bahwa anggota Fraksi PKS setiap bulan harus mengadakan hari aspirasi rutin. Dan itu bisa dijalankan di ruang fraksi atau di dapilnya masing-masing,” ungkap dia.(acf/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close