Kesehatan

Dinkes Kota Malang Bakal Lakukan Screening, Antisipasi Virus Corona

Merebaknya virus corona masih menjadi perbincangan publik beberapa pekan terakhir. Apalagi, wabah penyakit yang bermula dari wilayah Wuhan China, kini sudah menjalar ke berbagai negara. Yakni, Jepang, Korea, Amerika Serikat hingga ke Singapura.

Cepatnya penyebaran virus tersebut ke berbagai negara, menjadi perhatian khusus di Indonesia. Sejumlah daerah diminta turut mengantisipasi penyebaran virus ini sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kota Malang, sebagai salah satu daerah yang menjadi destinasi wisata di Jawa Timur ikut meningkatkan kewaspadaan itu. Terlebih, banyak wisatawan yang datang berasal dari luar daerah maupun luar negeri.

Karenanya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengingatkan perlunya screening ketat untuk wisatawan yang memasuki wilayah Kota Malang. Screening tersebut, disarankan dilakukan di Bandara Abdurahman Saleh Malang dan di Stasiun Malang.

“Prinsipnya semua layanan bergerak untuk memberikan kegiatan promotif preventif berupa penyampaian informasi kepada masyarakat,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif.

Ia menjelaskan, screening tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi wisatawan yang memasuki kawasan Kota Malang melalui alat pendeteksi tubuh atau thermal scanner yang disediakan petugas kesehatan.

“Screening itu berupa thermal mengukur suhu badan pada saat dia berada di Bandara saat masuk ke kita (Kota Malang). Baik di Bandara, stasiun, maupun imigrasi sudah menyiapkan alat pengukur suhu badan. Jika suhunya di atas 38 derajat maka patut diwaspadai. Kemudian harus diisolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Selain itu, upaya promotif preventif lainnya yaitu dengan melibatkan Puskesmas di semua wilayah Kota Malang. Sehingga, masyarakat diberikan informasi penyuluhan mengenai munculnya wabah virus corona termasuk gejala hingga pencegahan virus yang muncul dari China itu.

“Kita sudah memberikan juga kewaspadaan, pelayanan berupa penyuluhan di Puskesmas juga dilakukan. Karena nanti ada di sana promotif preventifnya berupa penyampaian informasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun media informasi,” tandasnya.

Diketahui, Coronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan juga hewan mamalia seperti kucing dan babi. Virus ini memang cukup sulit dibedakan dengan gejala infeksi Rhinovirus dan virus influenza.(Acf/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close