Peristiwa

Puluhan Rumah di Blitar Rusak Diamuk Angin Kencang

Hujan deras disertai angin kencang menerjang Desa Lorejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar Senin (27/1/2020) sore. Akibat terjangan hujan disertai angin kencang ini  sebanyak 50 rumah dilaporkan rusak. 50 rumah tersebut masuk kategori rusak ringan. Mayoritas terdampak bagian atapnya.

Selain puluhan rumah yang rusak ringan, tiga rumah berpenghuni  dilaporkan mengalami kerusakan yang cukup parah. Tiga rumah itu tersebar di tiga RT. Di antaranya, RT 3 RW 1, RT 1 RW 2 dan RT 6 RW 1.  Sementara satu kandang ternak berisi makanan ternak juga tak luput dari amukan angin kencang hingga rata dengan tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Hujan deras disertai angin itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat hujan deras tiba-tiba terdengar suara angin hingga warga berhamburan keluar rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Ahmad Cholik mengatakan, saat ini petugas BPBD sudah diterjunkan ke lokasi untuk penanganan lebih lanjut. “Yang rusak ringan sebanyak 50 rumah. Mayoritas genteng.  Sementara rumah huni tetap tiga, plus satu kandang tempat pakan ternak,” ungkap Ahmad Cholik.

Cholik menambahkan, untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah sementara diungsikan ke rumah tetangga dan saudaranya. Saat ini BPBD masih melakukan pendataan dan kerugian di lokasi kejadian. Sementara kerja bakti membersihkan rumah terdampak puting beliung akan dilakukan esok hari karena saat ini kondisi gelap akibat jaringan listrik mati.

“Besok sesuai yang disampaikan camat setempat akan dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti tidak dimungkinkan dilakukan saat ini karena untuk sementara aliran listrik dipadamkan untuk pembenahan jaringan oleh PLN,” pungkasnya.(*)(ar/ay)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close