Peristiwa

Baru Dibuka, Pendaftaran Perangkat Desa Podorejo Beredar Isu Politik Uang

Baru dibuka, pendaftaran perangkat desa yang membuka lowongan bagi sekretaris desa dan Kepala Dusun Dawuhan Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, sudah tercium aroma tak sedap. Dari sumber terpercaya, beberapa calon pendaftar membatalkan dan menarik diri karena adanya informasi jika calon yang akan diberi jalan sudah ditangan kepala desa. “Infonya, Kepala desa sudah mempunyai calon sendiri,” ujar RH (initial) memberikan informasi.

Calon yang dibawa menurut RH adalah warga  yang dahulu merupakan tim sukses pilkades beberapa waktu lalu. “Bahkan, katanya sudah memberi panjar uang puluhan juta, itu tersiar dari mulut ke mulut,” ungkap RH.

Karena santernya isu yang beredar, beberapa bakal calon yang awalnya ingin mendaftar menunda bahkan menggagalkan rencananya. Menurutnya, jika mendaftarpun juga akan menjadi sia-sia karena bisa dipastikan akan kalah.

Kepala desa Podorejo, Ma’ruf membantah keras informasi yang beredar. Saat dikonfirmasi melalui jaringan seluler, Ma’ruf mengatakan jika dirinya tidak mungkin melakukan hal yang dapat merugikan dirinya dan masyarakat tersebut. “Itu tidak benar, apa mungkin bisa seorang kepala desa melakukan hal itu,” jelasnya.

Sebagai Kepala desa dan juga pengusaha kayu, Ma’ruf memilih mengurus usahanya daripada berbuat kecurangan yang beresiko merusak nama dan reputasinya sebagai kepala desa. “Saya ini sudah sibuk ngurus kayu, jadi isu yang ada itu tidak benar,” tegasnya.

Bahkan, sebagai kepala desa Ma’ruf hanya membentuk panitia penjaringan dan penyaringan perangkat desa. Selanjutnya, Ma’ruf mempersilakan agar penitia bekerja sebagaimana aturan yang berlaku. “Urusan ini jadi tanggungjawab panitia, jadi silakan menghubungi Haji Royan (ketua panitia),” tambahnya.

Ma’ruf menghimbau pada masyarakat desa Podorejo terutama yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan dirinya memastikan tidak ada permainan dalam pengisian perangkat desa yang sudah memasuki masa pendaftaran. “Himbauan saya agar bagi masyarakat untuk daftar, tidak benar isu yang sekarang beredar. Pemenangya bukan saya yang menentukan tapi panitia,” pungkasnya.(ana/yah)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close