Kesehatan

Tangkal Corona, Ini Imbauan Dinkes Kota Batu untuk Masyarakat

Antisipasi sejak awal lebih baik dilakukan agar tidak terserang virus corona. Hal itu juga harus dilakukan  masyarakat di Kota Batu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu mengimbau masyarakat menggunakan alat perlindungan diri (APD). Terutama bagi mereka yang akan menempuh perjalanan jauh.

“Minimalnya pakai masker bagi yang akan perjalanan jauh. Ini mengantisipasi lebih awal supaya aman,” imbau Sekretaris Dinkes Kota Batu dr Yuni Astuti Soeman, Senin (27/1/2020).

Bukan hanya itu yang harus dilakukan, tapi juga pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kemudian etika batuk dengan menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.

“Masyarakat tetap waspada, terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernapas. Segera mencari pertolongan ke RS terdekat,” kata Yuni.

“Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika merasakan gangguan napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan,” tambah Yuni.

Pencegahan lainnya, cuci tangan menggunakan sabun, tidak bertukar botol dengan orang lain, menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

Kemudian hindari menyentuh hewan atau burung. Lalu hindari kunjungan ke pasar basah serta peternakan atau pasar hewan hidup. Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran napas.

“Jika dirasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah outbreak, terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan. Setelah kembali dari daerah outbreak, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau sakit lain,” ungkapnya.

Dinkes juga memgimbau warga yang akan berangkat menuju Tiongkok maupun Hongkong agar waspada terhadap penyebaran virus corona ini.
(ir/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close