Wisata

Makin Berdaya, Desa-Desa Wisata di Kediri Terus Bersolek

Desa wisata hadir menjadi napas baru dari desa untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Tidak hanya itu, pengembangan desa wisata mendorong adanya keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih masif karena membutuhkan banyak ide segar serta kreativitas dari setiap pemangku kepentingan terkait.

Saat ini kebutuhan untuk berwisata bukan lagi sekadar kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di desa. Hadirnya desa wisata, pendapatan masyarakat desa dapat meningkat karena banyak sektor dan subsektor perekonomian yang mampu terlibat di dalam siklus bisnis desa wisata.

Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Kediri ikut mendorong perkembangan desa wisata. Perkembangan desa wisata memang terlihat selama 2019.

Setidaknya pada 2019 total ada 75 ribu wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang mendapat peringkat terbaik bidang pengelolaan wisata Anugerah Desa Kabupaten Kediri pada 2019 .

Seperti halnya Desa Wisata Jambu. Dalam beberapa tahun terakhir, desa yang terletak di Kecamatan Kayenkidul ini mendapat respons kunjungan yang luar biasa.

Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, hingga November tahun 2019 , Desa Jambu sudah kedatangan 210 ribu wisatawan. Bahkan 73 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Selain Desa Wisata Jambu, geliat perkembangan pesat juga ditunjukkan Desa Mejono dengan wisata andalan Gronjong Wariti. Tak hanya itu, di Desa Kedungmalang, Papar juga, wisatawan bisa menikmati kebun bunga yang indah.

Tak hanya mengandalkan spot untuk foto keluarga, namun pilihan lain seperti wisata adrenalin juga memacu geliat pengunjung wisata di Kabupaten Kediri. Salah satu yang juga mendapat nominasi pada Anugerah Desa 2019 adalah Wisata Tubing Kali Kembangan di Desa Keling, Kecamatan Kepung.

Wisata tersebut juga menjadi salah satu andalah desa untuk meningkatkan perekonomian dari sektor ini. Tentu saja, dengan perkembangan desa-desa tersebut membuat Pemkab Kediri tak tinggal diam.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Krisna Setiawan, Pemkab Kediri sangat mengapresiasi sekaligus mendorong perkembangan desa wisata ini.

“Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan mengadakan berbagai program kegiatan yang dapat mendukung pengembangan desa wisata,” ungkapnya.

(Eas/Lnr)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: