Pemerintahan

Bupati Tulungagung Turun Tangan, Pengisian Perangkat Desa Bendilwungu Dibatalkan

Sejumlah orang yang diketahui merupakan panitia pelaksanaan penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, tampak menurunkan sejumlah banner di beberapa tempat.

Banner berisi pengumuman pendaftaran perangkat desa itu beberapa hari sebelumnya terpasang, namun tiba-tiba diturunkan setelah polemik pengisian sekretaris desa Bendilwungu menjadi sorotan berbagai pihak.

Sejak awal, panitia pendaftaran tidak pernah mau memberikan keterangan saat dikonfirmasi awak media. Namun, Senin (27/01) pagi, baru jelas saat suara loudspeaker berkeliling di jalan dan gang desa yang mengumumkan bahwa pendaftaran perangkat desa Bendilwungu Dibatalkan.

Di lini media sosial beredar broadcast bahwa pendaftaran diundur dan akan dilaksanakan dengan waktu yang belum bisa ditentukan.

“Sahabat Ansor,,,

Saya mewakili panitia mohon maaf terkait pendaftaran penjaringan perangkat desa untuk sementara diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan. Dan nanti kalau sudah ada pembukaan pendaftaran, dari panitia akan mengumumkan lagi ke masyarakat.

Atas perhatiannya disampaikan terima kasih,” demikian bunyi pesan WhatsApp yang dipastikan dari panitia pengisian perangkat Desa Bendilwungu.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya telah memerintahkan  sekretaris daerah agar proses pengisian perangkat dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku. “Administrasi harus tertib, harus merujuk pada aturan di atasnya,” kata dia.

Kondisi yang terjadi di Bendilwungu sudah dianggap tidak kondusif. Apalagi ditemukan adanya administrasi yang belum dipenuhi. “Karena administrasi belum terpenuhi, maka saya minta untuk dibatalkan,” tegas bupati.

Maryoto meminta agar persyaratan yang belum dipenuhi untuk diurus. Namun selama proses terjadi, jadwal pengisian perangkat desa harus diundur.

Selama proses belum dilaksanakan, Maryoto memastikan sekretaris desa Bendilwungu yang sah adalah yang kini menjabat, yaitu Suharti. Sebelum ada pergantian yang sah dan prosedural, jabatan tersebut harus dilaksanakan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

(ab/hel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: