Ekonomi

Disambangi Wawali Kota Malang, Pedagang Pasar Sawojajar Curhat Sepi Pembeli

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko meninjau langsung Pasar Sawojajar, Selasa (28/1/2020). Dalam kunjungannya tersebut, pria yang akrab disapa Bung Edi itu mendapat keluhan dari para pedagang.

Kebanyakan mengeluhkan pasar yang sepi, meski kini telah direnovasi menjadi bersih dan lebih tertata dibanding sebelumnya.

Menanggapi itu, Bung Edi menyampaikan, akan dilakukan berbagai skema untuk meramaikan pasar. Pasalnya, masih ada beberapa ruang yang bisa dimanfaatkan. Saat ini, segala kebutuhan akan diinventarisir dan dikaji lebih mendalam. Sehingga pasar dapat dikunjungi lebih banyak lagi pelanggan.

“Tadi dilihat di bagian lantai atas ada space yang kosong. Nanti bisa ditata dengan kreasi dan inovasi agar pasar lebih ramai,” katanya.

Dia menyampaikan, upaya meramaikan pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya menyuguhkan deretan komoditi baru agar bisa menjadi jujukan konsumen. Dengan catatan, produk yang dijual belikan tidak sama dengan yang sudah dipasarkan pedagang yang menempati area lantai bawah.

“Tentu ini butuh waktu untuk merencanakan, untuk menyusun sebuah kajian, tapi Insyaa Allah itu sudah berjalan, tinggal nanti kita putuskan bersama-sama dipergunakan dan dipakai untuk apa. Saya kira ini adalah bentuk nyata bahwa pembangunan dan rehabilitasi terasa manfaatnya,” terang Bung Edi.

Dalam kunjungannya tersebut, pria berkacamata itu juga menyampaikan beberapa hal untuk dibenahi. Salah satunya instalasi kabel listrik yang ia nilai masih sangat semrawut dan berpotensi membahayakan pedagang dan pembeli. Sehingga dia memetintahkan agar ada perbaikan.

“Itu berbahaya, agar segera diperbaiki,” imbuh dia.

Di sisi lain, pedagang dan pembeli yang datang ke Pasar Sawojajar menilai jika kondisi pasar pasca renovasi menjadi lebih baik dan bersih. Sehingga pedagang dan pembeli merasa nyaman saat akan berbelanja kebutuhan.

“Tadi saya bertanya secara langsung kepada pedagang. Pedagang menyatakan Alhamdulillah bersyukur pasarnya sudah bersih. Yang kedua kepada pembeli, pembeli juga merasa puas, merasa senang karena bisa berbelanja dengan tenang, tidak becek, tidak banjir, sirkulasi udaranya juga bagus,” ujar Bung Edi.(pa/krn)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: