Politik

Jaring Partisipasi Warga pada Pilwali, Pemkot Blitar Kebut Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar terus melakukan perekaman e-KTP kepada warga masyarakat di Kota Blitar khususnya wajib e-KTP pemula. Perekaman kepada pelajar berusia 17 tahun gencar dilakukan agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilwali Kota Blitar 2020.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Blitar, Muhaeini dilansir kami dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Selasa (28/1/2020) mengatakan, sesuai data di Kota Blitar ada 6.072 pemilih pemula yang tersebar di 21 kelurahan.

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan strategi agar pemilih pemula tersebut segera malakukan perekaman sehingga bisa memanfaatkan hak pilihnya pada Pilwali nanti.

Menurut dia, salah satu langkah yang akan ditempuh dinas setempat adalah terjun langsung ke sekolah – sekolah. Muhaeni mengatakan, rencana tersebut akan dilaksanakan Bulan Februari mendatang, bekerja sama dengan dinas terkait.

“Mulai Februari kita akan terjun ke sekolah – sekolah, SMA sederajat, untuk melakukan perekaman e-KTP disana. Kita memilih jemput bola, karena sesuai pengalaman yang lalu, langkah ini lebih efektif,” ungkap Muhaeini.

Meski Dispendukcapil mengebut perekaman data, Muhaeni menyebut stok blangko e-KTP masih minim. “Sejak Oktokber tahun lalu pengiriman blanko e-KTP dari Pemerintah Pusat dibatasi hanya 500 keping perbulan,” paparnya.(*)(ar/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: