Peristiwa

Kisah Tragis Rumah Kakek 67 Tahun di Malang yang Hangus Dimakan si Jago Merah

Sesaat setelah insiden kebakaran berhasil dipadamkan petugas PMK Kabupaten Malang anggota kepolisian Polsek Pakisaji masih nampak berjaga di kediaman milik Saipan warga Dusun Segenggeng, Desa Wonokerso, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa (28/1/2020).

Berdasarkan pendalaman petugas di lokasi kejadian, polisi memastikan jika kebakaran terjadi karena murni kecelakaan.

”Dari hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan keterangan para saksi, kebakaran dipastikan karena api dari kayu bakar yang ada di tungku masak merembet,” jelas Kapolsek Pakisaji, AKP Triwik Winarni.

Seperti yang sudah diberitakan, Selasa (28/1/2020) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB kebakaran terjadi di rumah milik Saipan. Api kebakaran yang melanda kediaman pria 67 tahun itu bersumber dari ruangan dapur.

Butuh waktu lebih dari 1 jam bagi petugas gabungan dari PMK Kabupaten Malang, anggota Polsek Pakisaji, beserta warga setempat untuk memadamkan kebakaran di rumah korban.

“Tidak ada korban jiwa. Dari hasil penyidikan, kerugian ditaksir mencapai Rp 45 juta,” terang Triwik Winarni yang juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Wonosari ini.

Di hadapan petugas, Saipan mengaku jika sesaat sebelum insiden kebakaran. Dirinya sempat pergi ke dapur untuk memasak air. Setelah memastikan kayu bakar dalam tungku dapur menyala. Pria yang berusia lebih dari kepala enam tersebut meninggalkan ruangan dapur.

”Saat kejadian, dapur dalam keadaan kosong. Korban pergi ke kamar untuk menidurkan cucunya, sedangkan putranya yang bernama Agus Wahyudi pergi keluar rumah untuk berobat,” jelas Triwik Winarni.

Beberapa menit kemudian, lanjut Triwik, salah satu tetangga korban, Tina, melihat kepulan asap keluar dari sela atap dapur korban.

”Kepulan asap itu berasal dari kayu bakar yang merembet ke perabotan dapur yang mudah terbakar,” sambungnya.

Mengetahui adanya kebakaran, warga beserta penghuni rumah sempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Bukannya padam, api yang cepat menjalar malah membakar hampir seluruh ruangan dapur dan bangunan rumah korban.

Di sisi lain, sekitar 30 menit paska kebakaran terjadi, petugas PMK Kabupaten Malang dan tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

”Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian,” tutup perwira polisi dengan pangkat tiga balok di bahu ini.(al/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close