Kesehatan

Pemkot Blitar Imbau Masyarakat Tak Perlu Panik Hadapi Virus Corona

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar mengungkapkan penyebaran virus Corona di Indonesia belum ditemukan warga yang positif terpapar. Namun begitu, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih waspada mengantisipasi virus Corona yang tengah mewabah di seluruh dunia.

Namun demikian, seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Kota Blitar juga menyiapkan antisipasi terhadap penyebaran virus Corona.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Djumianto, dilansir kami dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Selasa (28/1/2020), menyampaikan sebagai antisipasi beredarnya virus ini, pihaknya telah menyiapkan barisan diseluruh fasilitas kesehatan.

“Kami siagakan seluruh fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit, meski hingga saat ini di Kota Blitar tidak ditemukan,” ungkap Didik.

Lebih lanjut Didik menyampaikan, puskesmas dan rumah sakit menyiapkan ruang – ruang isolasi dengan memanfaatkan diantara ruangan yang ada.

”Seandainya ditemukan suspek virus corona, sudah ada ruangan yang sudah disiapkan sebelumnya agar tidak bercampur dengan pasien yang lain,” imbuhnya.

Didik juga menyebutkan, untuk mengidentifikasi warga yang terkena virus ini, selain gejala – gejala yang ada juga dengan melihat asal daerah yang ditinggalkan. Dari daerah ataupun negara yang endemik seperti Cina.

“Kami berharap masyarakat berperilaku hidup sehat, seperti cuci tangan pakai sabun, mengenakan masker saat bepergian, hindari interaksi dengan orang yang terkena batuk pilek. Masyarakat tidak perlu resah dan tidak panik,” pungkasnya.(*)(ar/ery)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close