Peristiwa

BKN Lumajang Ajukan Mayjen Imam Soedja’i Sebagai Pahlawan Nasional

Melalui Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Lumajang, tokoh pejuang asal Lumajang Mayjen Imam Soedja’i akan diajukan menjadi Pahlawan Nasional.

Berkaitan dengan usaha tersebut, BKN Lumajang yang berada dibawah naungan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang, menggelar sejumlah kajian akademis terkait dengan aktivitas pergerakan dan perjuangan yang dilakukan oleh Mayjen Imam Soedja’i pada masa perjuangan kemerdekaan RI.

Pada hari ini, Senin (29/1) BKN Lumajang menggelar kajian dan bedah buku tentang Mayjen Imam Soeja’i bertempat di hall kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang.

Hadir dalam acara ini, 6 putra-putri Imam Soedja’i dan sejumlah cucunya. Diantara 6 putranya yang hadir diantaranya Kapten Imam Hidayat dan Ahmad Gempur. “Ahmad Gempur ini lahir pada saat Mayjen Imam Soedja’i menghadapi gempuran penjajah, makanya diberi nama Ahmad Gempur,” kata Mansoer Hidayat, pengarang buku sejarah perjuangan Mayjen Imam Soedja’i kepada kami.

Menurut Mansoer Hidayat, Mayjen Imam Soedja’i lahir di Pasuruan pada tahun 1902. Ia kemudian ikut orang tuanya yang menjadi penghulu ke Lumajang. Sempat menempuh pendidikan sampai tingkat BAS, setara dengan SMP dibindang Teknik.

“Setelah itu bekerja di Perusahaan pelayaran milik Belanda. Saat bekerja diperusahaan Belanda inilah, Imam Soedja’i muda dihina oleh orang Belanda dengan sebutan irlander,” kata Mansoer Hidayat.

Karena tersinggung dengan hinaan ini, Imam Soedja’i kemudian keluar dari perusahaan itu dan memperdalam ilmu pencak silat yang kemudian melahirkan Pencak Organisasi, yang sampai sekarang lestari di Lumajang.

Dari penempaan diri dengan berbagi ilmu pencak silat inilah, Imam Soeja’i kemudian kenal dengan sejumlah pejuang pada waktu itu dan kemudian menjadi bagian dari perjuangan kemerdekaan RI.

“Kita masih akan menggelar dua seminar lagi di Malang dan Jember, sebelum nantinya Mayjen Imam Soedja’i kita ajukan sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah,” jelas Mansoer Hidayat kemudian.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lumajang Solikin SH, menyatakan mendukung dengan usaha ini dan agar salah seorang pahlawan Lumajang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Mayjen Imam Sordja’i adalah aset sejarah perjuangan bangsa, saya sangat mendukung penuh usaha dari BKN,” kata Solikin SH, kepada media ini. (Maf/Ery)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close